Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Bawa Isu Pembangunan ke Pertemuan IMF dan Bank Dunia

Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro akan membawa isu-isu pembangunan yang dianggap relevan untuk dibahas di forum Development Committee untuk Bank Dunia dan IMF.
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. / Bisnis-Dedi Gunawan
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro. / Bisnis-Dedi Gunawan

Bisnis.com, LIMA, Peru – Menteri Keuangan Bambang P.S. Brodjonegoro akan membawa isu-isu pembangunan yang dianggap relevan untuk dibahas di forum Development Committee untuk Bank Dunia dan IMF.

Menkeu akan membahas sejumlah isu pembangunan tersebut dalam pertemuan Development Committee di Spring Meeting Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional pada 15-17 April 2016.

“Spring Meeting 2016, merupakan ajang pertama bagi saya sebagai Ketua Development Committee,” katanya di sela-sela Sidang Tahunan IMF dan Bank Dunia di Lima, Peru Kamis (8/10) waktu setempat.

Menkeu akan menggantikan Marek Belka yang memimpin Development Committee sejak 3 November 2011.  Sebelumnya Belka menjadi Presiden National Bank of Poland pada Juni 2010.  

Development Committee (DC) merupakan forum setingkat menteri dan gubernur bank sentral dari negara-negara di Bank Dunia dan IMF.  Komite ini bertugas memberi masukan kepada Dewan Gubernur dua lembaga multilateral tersebut untuk sejumlah isu pembangunan dan memobilisasi sumber-sumber keuangan untuk mendorong pembangunan ekonomi.  

Dalam beberapa tahun terakhir, Komite ini memperluas pembahasannya dari sekadar isu-isu pembangunan yang tradisional menjadi perdagangan dan lingkungan global.
Bambang mengatakan posisi Pimpinan Development Committee itu juga bermanfaat untuk membawa isu-isu pembangunan di negara berkembang. 

Selain itu, Menkeu menilai penunjukkan posisi pimpinan Development Committee dan tuan rumah pertemuan tahunan IMF dan Bank Dunia pada 2018 menunjukkan Indonesia sebagai negara baru yang layak diperhitungkan di kancah internasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lutfi Zaenudin
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper