Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IMPOR BANTEN: Minat Belanja dari Luar Turun

Minat pelaku industri berbelanja dari luar negeri alias impor pada bulan lalu mengalami penurunan secara bulanan, year on year (yoy), maupun kumulatif tahunan (yoy).
Ilustrasi/afagh.com
Ilustrasi/afagh.com

Bisnis.com, TANGERANG— Minat pelaku industri berbelanja dari luar negeri alias impor pada bulan lalu mengalami penurunan secara bulanan, year on year (yoy), maupun kumulatif tahunan (yoy).

Badan Pusat Statistik (BPS) Banten mencatat, nilai impor pada Agustus tahun ini US$704,27 juta turun 3,28% terhadap bulan sebelumnya US$728,60 juta. Sementara dibandingkan bulan yang sama tahun lalu (year on year) penyusutan tercatat sampai 30,80%.

Kepala BPS Banten Syech Suhaimi menjelaskan, kumulatif Januari – Agustus tahun ini secara year on year penurunan sampai 14,30% ke level US$6,70 miliar dari US$7,81 miliar.

“Penurunan tersebut lebih disebabkan komoditas nonmigas yang susut nilai impornya sebesar 12,29% ditambah migas juga turun 21,05%,” ucapnya dalam paparan data Ekspor Impor Banten, Jumat (9/10/2015).

Perkembangan nilai impor migas maupun nonmigas pada bulan ke delapan dibandingkan bulan sebelumnya sejalan dengan arah perkembangan volume masing-masing. Impor migas ditengarai akibat depresiasi kurs rupiah terhadap dolar AS, sedangkan nonmigas lantaran harga komoditas global.

Impor dua komoditas tersebut selama September dinilai sukar diperkirakan. Alasannya, imbuh Suhaimi, kurs rupiah terhadap dolar AS kembali melemah pada Agustus. Selain itu harga komoditas migas dan nonmigas secara agregat di pasar global diperkirakan kembali turun meskipun tidak signifikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper