Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RUSUN TERPADU KEMAYORAN: BTN Siap Suntik Kredit

Dirut Bank BTN Maryono mengatakan pihaknya siap membantu PT Jakpro dan Perumnas terkait pembiayaan proyel
Direktur Utama BTN Maryono. /Bisnis.com
Direktur Utama BTN Maryono. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA--Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Maryono mengatakan pihaknya siap membantu PT Jakpro dan Perum Perumnas terkait pembiayaan proyek.

"Dua BUMN/BUMN tersebut kan perannya sebagai investor. Kalau butuh pembiayaan, BTN siap masuk," ujarnya di kantor Kementerian BUMN, Kamis (8/10/2015)
 
Meski begitu, dia menuturkan BTN belum mengetahui berapa jumlah kredit yang akan disuntikkan untuk proyek tersebut. Pasalnya, Maryono tidak tahu total proyek pembangunan rusun terpadu di Kemayoran.
 
"Saya gak bisa bilang sekarang. Ini proyeknya kan multi years. Nanti bunganya ya mengikuti. Kita lihat saja berapa besar total proyeknya," kata Maryono.
 
PT Jakpro dan Perum Perumnas telah meneken perjanjian kerja sama (memorandum of understanding/MOU) untuk membangun 40 menara (tower) rumah susun atau setara dengan 18.000 unit rusunami dan rusunawa di Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
Duet BUMN/BUMD tersebut rencananya akan membangun 20 tower rusunami, 20 tower rusunami dan apartemen sederhana milik, dan 10 tower untuk fasilitas penunjang a.l. pusat perbelanjaan, arena olah raga, dan taman bermain.
 
Total lahan yang akan digarap di kawasan Kemayoran seluas 22,4 hektar. Tanah tersebut terdiri dari 14,4 hektar merupakan penataan kawasan kumuh dan padat penduduk dan 8 hektar merupakan peremajaan rumah susun.
 
Sebelumnya, BTN berencana menggelontorkan pinjaman senilai Rp10 triliun untuk PT Jakpro. Pinjaman tersebut dikucurkan dalam rangka pembangunan rusunawa di wilayah Ibu Kota yang menjadi bagian dari program pemerintah pusat, yakni Sejuta Rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper