Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ASURANSI PERTANIAN: HKTI Jabar Minta Pemerintah Sosialisasi

Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat meminta pemerintah pusat melakukan sosialisasi mengenai asuransi pertanian sejalan dengan rencana kucuran anggaran sebesar Rp150 miliar.

Bisnis.com, BANDUNG - Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat meminta pemerintah pusat melakukan sosialisasi mengenai asuransi pertanian sejalan dengan rencana kucuran anggaran sebesar Rp150 miliar.

Ketua Harian HKTI Jabar Entang Sastraatmadja mengatakan sosialisas harus dilakukan mengingat para petani belum mengetahui adanya program tersebut.

Pemerintah bisa menggandeng asosiasi petani untuk melakukan sosialisasi agar tepat sasaran.

"Kalau sosialisasi tidak dilakukan masif dikhawatirkan kucuran anggaran dari pemerintah tidak akan terserap seluruhnya," ujarnya kepada Bisnis.com, Sabtu (10/10/2015).

Dia memandang dengan digulirkannya asuransi pertanian, risiko pertanian seperti gagal panen yang disebabkan oleh cuaca atau alam seperti musim kekeringan yang terjadi saat ini, dapat dilakukan mitigasi dan petani dapat terproteksi.

Dia menjelaskan, adanya asuransi pertanian diyakini bakal diakses petani dengan pertimbangan karena jika gagal panen akibat sebab-sebab tertentu yang termasuk masuk dalam tanggungan produk asuransi, maka mereka tidak merugi terlalu besar.

Setelah sosialiasi dan pelaksanaan kucuran dari asuransi pertanian dilakukan, selanjutnya pemerintah harus mengevaluasi menyeluruh, sehingga asuransi itu dapat diterapkan ke produk tani lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper