Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Akses KUR & Pendaftaran Izin Usaha Dilayani Bersama di BRI Gianyar

Kerja sama meliputi kemudahan bagi peminjam dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui BRI di Gianyar, sekaligus mendapatkan verifikasi pengisian formulir izin usaha dari Gianyar.

Bisnis.com, DENPASAR - Kabupaten Gianyar menggandeng PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. guna memberikan layanan perizinan kepada pelaku usaha kecil dan mikro untuk mendapatkan legalitas usaha.

Kepala Dinas Koperasi Gianyar I Wayan Ardana mengharapkan kerja sama itu pihaknya dapat merealisasikan target usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) baru sebanyak 4.000 pengusaha pada tahun ini.

Dia menuturkan kerja sama ini meliputi kemudahan bagi peminjam dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui BRI di Gianyar, sekaligus mendapatkan verifikasi pengisian formulir izin usaha dari Gianyar.

Nantinya, formulir tersebut akan diteruskan kepada Kantor Kecamatan setempat untuk diterbitkan menjadi kartu izin usaha mikro kecil (IUMK).

“Jadi ini akan sangat membantu sekali, karena saat mencari kredit dan selesai akan langsung dibantu didaftarkan usahanya,” jelasnya saat dihubungi Bisnis.com, Senin (12/10/2015).

Dia menyatakan optimistis program kerja sama itu akan meningkatkan jumlah pelaku UMKM di kabupaten berjuluk kota seni ini. Pasalnya, selama ini sejumlah calon pengusaha UMKM banyak terkendala masalah permodalan sehingga menghambat usaha mereka.

Selain itu, Gianyar memiliki potensi bagi BRI, karena berdasarkan informasi yang diperolehnya, penyaluran KUR di daerah ini paling tinggi dibandingkan dengan kabupaten dan kota lain di wilayah Bali Nusra.

Kepala Wilayah BRI Denpasar Widodo Januarso menjelaskan, kerja sama itu diharapkan mempermudah pelayanan penerbitan kartu IUMK satu atap di Gianyar.

BRI Wilayah Bali Nusra menargetkan penyaluran KUR pada tahun ini mencapai Rp1,17 triliun, khusus untuk Bali dipatok mencapai Rp600 miliar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper