Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERTEMUAN TAHUNAN BI 2015: Kredit Diproyeksi Tumbuh 12%-14% pada 2016

Setelah memproyeksikan kredit pada tahun ini akan melaju pada rentang 11%-13%, pada tahun depan, Bank Indonesia memperkirakan pinjaman akan tumbuh sedikit lebih baik yakni di kisaran 12%-14%.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Setelah memproyeksikan kredit pada tahun ini akan melaju pada rentang 11%-13%, pada tahun depan, Bank Indonesia memperkirakan pinjaman akan tumbuh sedikit lebih baik yakni di kisaran 12%-14%.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus D. W. Martowardojo mengatakan ekonomi pada tahun mendatang masih akan ditopang geliat domestik. Pasalnya, meski pertumbuhan ekonomi global akan mulai terlihat pada 2016 sebesar 3,5%, tapi kenaikan tersebut dipandang berpotensi menjadi lebih rendah. 

Risiko koreksi tersebut, akan terjadi terutama jika pemulihan ekonomi China dan negara berkembang tak sesuai harapan. Akibatnya, mantan Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. ini juga menilai harga komoditas masih akan melanjutkan koreksi. 

Di samping itu, normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat pun membuat kewaspadaan arah aliran modal keluar dari negara berkembang kian menguat. 

“Sehingga kami memperkirakan sumber ekonomi masih ditopang dari domestik dengan laju 5,2%-5,6% dan kredit akan sebesar 12%-14%” jelas Agus dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2015 di Jakarta, Selasa (24/11/2015). 

Agus menyebut untuk mencapai target tersebut, perlu ada kerja keras dalam pembenahan di sektor riil dan sektor keuangan. Adapun, secara keseluruhan, Agus mengklaim pada tahun depan, bank sentral akan terus memperkuat bauran kebijakan moneter, makroprudensial, serta sistem pembayaran dan pengedaran uang rupiah guna menjaga stabilitas makroekonomi, sekaligus memperkuat stabilitas sistem keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper