Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RIZAL RAMLI: Ekonomi Siap Tumbuh Kembali

Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan pelemahan ekonomi saat ini sudah sampai pada titik balik (bounce back) dan siap untuk tumbuh kembali setelah membaik dalam tiga bulan terakhir.
Rizal Ramli/Antara
Rizal Ramli/Antara
Bisnis.com, JAKARTA -- Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan pelemahan ekonomi saat ini sudah sampai pada titik balik (bounce back) dan siap untuk tumbuh kembali setelah membaik dalam tiga bulan terakhir.
 
Tiga bulan terakhir ekonomi mulai membaik. Mulai bounce back setelah melewati dasarnya dan tahun depan akan terjadi pertumbuhan, ujar Rizal di kediamannya, Rabu (25/11/20150. Dia menyebutkan pertumbuahn yang mulai terlihat itu tidak terlepas dari kinerja para menteri kabinet setelah dilakukan reshuffle terakhir Agustus lalu.
 
Menurut Rizal, setidaknya ada tiga indikasi pertanda ekonomi mulai mengalami titik balik. Salah satunya adalah dengan pulihnya ekspektasi kalangan pebisnis, baik di dalam maupun luar negeri.
 
Selain itu, juga terlihatnya pertumbuhan meski moderat di angka 0,2% sejak tiga bulan terakhir. Begitu juga dengan adanya sejumlah inisiatif para menteri terkait visi pembangunan seperti kemudahan pengurusan izin investasi maupun usaha.
 
Rizal berharap ekonomi pada tahun depan bisa tubuh 6% dari target 5,3% seperti tahun ini.
 
Menurutnya, selain melakukan reevaluasi aset untuk mendapatkan modal usaha, langkah lainnya yang bisa dilakukan memacu pertumbuhan ekonomi adalah membangun fasilitas kredit ekspor.
 
Dulu tidak ada yang berani melakukan reevaluasi aset. Sekarang pajak murah sehinga nilai aset naik. Selisihnya bisa dijadikan modal usaha seperti yang pernah dilakukan perusahaan listrik negara di masa lalu, ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper