Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produk Tabungan Pelajar di Makassar Diproyeksi Jaring 5.000 Rekening

Aktivasi produk tabungan simpanan pelajar atau Simpel di Kota Makassar diestimasi mampu menjaring pembukaan 5.000 rekening baru dalam satu bulan pertama peluncuran.
Ilustrasi tabungan pelajar./JIBI-Desi Suryanto
Ilustrasi tabungan pelajar./JIBI-Desi Suryanto

Bisnis.com, MAKASSAR - Aktivasi produk tabungan simpanan pelajar atau Simpel di Kota Makassar diestimasi mampu menjaring pembukaan 5.000 rekening baru dalam satu bulan pertama peluncuran.

Deputi Direktur Direktorat Pengembangan Inklusi Keuangan OJK, Edwin Nurhadi, mengatakan khusus di Makassar maupun Sulawesi Selatan secara keseluruhan terdapat 25 sekolah yang masuk dalam program Simpel dengan menggandeng perbankan.

"Dengan aktivasi Simpel di Makassar, jumlah pembukaan rekening secara nasional bakal menjadi hingga sekitar 175.000," katanya di Makassar, Rabu (25/11/2015).

Sejauh ini, kata Edwin, jumlah tabungan Simpel dan Simpel iB secara nasional mencapai mencapai 170.064 rekening di mana terdapat 1.148 sekolah terdaftar dalam program yang diluncurkan OJK pada September 2015 tersebut.

Khusus Sulsel maupun Makassar memiliki potensi yang cukup besar dalam program Simpel di mana jumlah pelajar untuk klasifikasi sekolah menengah pertama maupun atas relatif besar dibandingkan dengan daerah lain di Tanah Air.

Selain itu, persyaratan pembukaan rekening Simpel terbilang sangat mudah dan tanpa biaya administrasi di mana setoran awal sebesar Rp5.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp1.000. “Rekening tabungan SimPel juga tidak akan mendapatkan bunga seperti tabungan-tabungan konvensional, namun diganti dengan program reward,” ujarnya.

Adapun perbankan yang mengambil bagian dalam aktivasi perdana di Sulsel adalah Bank Panin Syariah yang juga telah menjalin MoU dengan 25 Sekolah dengan komitmen pembukaan rekening sebanyak 11.000 akun.

Menurut Pimpinan Bank Panin Syariah Cabang Makassar, Kamaruddin Kammisi, mengemukakan untuk saat ini pihaknya telah mengaktifkan 1.083 rekening tabungan Simpel iB dan diestimasi akan terus bertambah sesuai dengan komitmen bersama dengan sekolah di Sulsel.

"Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh perbankan untuk mengedukasi para pelajar bagaimana membudayakan menabung sejak dini," katanya.

Program Simpel selanjutnya diharapkan mampu merubah budaya konsumtif pelajar untuk kemudian beralih ke budaya menabung maupun pengelolaan uang secara bijak.

Adapun aktivasi program Simpanan Pelajar (Simpel/Simpel iB) juga telah dilakukan pada sejumlah kota di Tanah Air diantaranya Surabaya, Jakarta, Medan, Yogyakarta dan lainnya.

Sejauh ini, program Simpel/Simpel iB diikuti oleh 8 bank konvensional yakni Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, Bank Permata, BJB serta Bank Jatim. Selain itu terdapat pula 6 bank umum syariah yakni Bank Muamalat, Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah, BCA Syariah serta Bank Panin Syariah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper