Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI-Korsel Sepakat Bangun Desa Berbasis Konsep Saemaul Undong

Indonesia dan Korea Selatan sepakat menjalin kerja sama untuk berbagi pengalaman dalam mengembangkan dan membangun wilayah perdesaan.
Marwan Jafar/Antara-Andika Wahyu
Marwan Jafar/Antara-Andika Wahyu

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia dan Korea Selatan sepakat menjalin kerja sama untuk berbagi pengalaman dalam mengembangkan dan membangun wilayah perdesaan.

Pihak Indonesia akan mencoba menerapkan konsep pembangunan perdesaan Saemaul Undong yang terbukti sukses memajukan perdesaan Korea Selatan.

Saemaul Undong adalah konsep gerakan mental Desa Membangun yang melibatkan partisipasi masyarakat secara luas.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengatakan konsep Saemaul Undong sejalan dengan semangat pemerintah untuk terus memajukan perekonomian wilayah perdesaan dan meningkatkan taraf hidup masyarakatnya melalui partisipasi aktif masyarakat.

"Dalam Saemaul Undong, partisipasi masyarakat sangat menentukan proses pembangunan desa. Dalam hal ini, desa benar-benar menjadi subyek pembangunan. Hal ini sejalan dengan paradigma desa membangun yang diterapkan di Indonesia," kata Marwan Jafar dalam rilis yang diterima Bisnis.com, Jumat (27/11/2015).

Indonesia-Korsel juga menyepakati untuk mengembangkan konsep desa berbasis teknologi informasi - Information Network Village (Invil) - di beberapa desa yang akan menjadi proyek percontohan. Beberapa daerah di Indonesia yang akan menjadi sasaran program ini yakni Madura, Situbondo, Bondowoso, Garut, Sukabumi, serta Bantul dan Gunung Kidul yang sudah lebih dulu berjalan.

"Kementerian Interior Korsel berkomitmen mengajak beberapa perusahaan Korsel untuk mendukung program ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper