Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK Regional 3 Targetkan Pembukaan 50.000 Rekening Simpel

Kantor Regional (KR) 3 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan pembukaan 50.000 rekening Simpanan Pelajar (Simpel) sampai akhir tahun.
Simpanan Pelajar. /Bisnis.com
Simpanan Pelajar. /Bisnis.com

Bisnis.com, MALANG—Kantor Regional (KR) 3 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menargetkan pembukaan 50.000 rekening Simpanan Pelajar (Simpel) sampai akhir tahun.

Kepala KR 3 OJK Sukamto mengatakan dengan adanya produk Simpel maka diharapkan dapat menjadi wahana bagi pelajar untuk belajar mengelola keuangan dengan baik sejak usia muda.

“Di samping itu, bagi pelajar yang mempunyai rekening sendiri merupakan kebanggaan bagi mereka,” ujarnya dihubungi Senin (30/11/2015).

Dengan demikian, ketika pelajar sudah bekerja, terutama di bidang usaha, apalagi memiliki usaha sendiri, ketergantungan pada akses

permodalan dari lembaga jasa keuangan menjadi sangat dibutuhkan. Karena itulah, percepatan pertumbuhan rekening Simpel dimungkinkan karena faktor tersebut, yakni meningkatkan citra pekajar.

Untuk percepatan pertumbuhan pembukaan rekening Simpel, maka perlu ada sinergi antara OJK dan bank-bank pelaksana yang sudah membuka layanan tersebut.

OJK telah dan akan bekerja sama dengan bank-bank a.l Bank Jatim, BNI, BRI, dan Mandiri. Bank-bank tersebut bisa secara sendiri-sendiri maupun bersama OJK menyosialisasikan terkait dengan Simpel kepada pelajar di sekolah-sekolah.

Setelah pelajar mengetahui manfaat dari Simpel, maka diharapkan pelajar bisa tertarik dan dapat membuka rekening di bank-bank yang mereka sukai.

“Posisi jumlah rekening Simpel saat ini masih kami hitung. Tapi harapan kami sampai akhir 2015 diharapkan bisa menembus 50.000 rekening,” ujarnya.

Kepala Kantor OJK Malang Indra Krisna mengatakan secara bisnis pembukaan layanan Simpel memang kurang menguntungkan bagi bank.
Hal itu terjadi karena dana yang disimpan pelajar di bank biasanya sedikit, dilain pihak bank tidak memungut biaya apa pun dalam layanan Simpel.

Namun di masa depan, adanya layanan Simpel justru menguntungkan bagi bank. Pelajar yang mempunyai rekening Simpel dan aktif menabung di bank diharapakan tetap menjadi nasabah loyalis ketika mereka sudah dewasa dan bekerja maupun menjadi penguasaha.

Dengan demikian, transaksi perbankan akan menjadi besar, baik menerima dana simpanan maupun penyaluran kreditnya. Bank mendapatkan nasabah yang loyal dengan mencetak sendiri sejak nasabah berusia remaja, masih pelajar, lewat pemberian layanan Simpel.

Di wilayah kerja OJK Malang, kata Indra, potensi pertumbuhan pembukaan rekening Simpel sangat besar karena kota ini dikenal sebagai kota pelajar.

Namun untuk meraih nasabah yang banyak, tentu dituntut kerja keras dan kejelian dari bank dalam menarik pelajar agar membuka rekening Simpel.

“Tapi target rekening Simpel untuk OJK Malang masih belum ditetapkan. Meski begitu, potensinya besar karena siswa di Malang jumlahnya banyak, tidak hanya dari dalam kota, melainkan banyak juga dari luar kota,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper