Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Bakal Gelar Rakor Bahas Logistik dan Pangan

Bank Indonesia dan Pemerintah bakal menggelar rapat koordinasi untuk membahas permasalahan logistik dan ketahanan pangan nasional pada Jumat, 12 Februari 2016 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.
Kantor Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Kantor Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bisnis.com, JAKARTA-Bank Indonesia dan Pemerintah bakal menggelar rapat koordinasi untuk membahas permasalahan logistik dan ketahanan pangan nasional pada Jumat, 12 Februari 2016 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.
 
Juda Agung, Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, mengatakan upaya percepatan pembenahan logistik pangan dan kapasitas produksi pangan dapat memberikan optimism terjaganya stabilitas harga di daerah.
 
Hal itu juga dalam rangka mendukung upaya pencapaian sasaran inflasi nasional. Pengendalian stabilitas harga pangan menjadi salah satu agenda BI untuk mencapai target inflasi 4% 1% hingga tahun depan dan 3,5% pada 2018.
 
Ini menjadi penting dan fokus dari tim pengendali inflasi, bagaimana menangani ini melalui sistem logistik. Di daerah lebih banyak mengendalikan volatile food keseluruhan tahun lalu sekitar 4,84%, katanya, di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (9/2/2016).
 
Hasil kajian BI menunjukkan persoalan logistik menjadi faktor yang menyebabkan besarnya disparitas harga antardaerah dan gejolak harga pangan terutama di Kawasan Timur Indonesia.
 
Dipilihnya NTT kali ini memiliki alasan tersendiri. NTT merupakan salah satu simpul logistik nasional dan basis produksi pangan nasional (khususnya sapi) yang memiliki potensi besar untuk mengakselerasi aktivitas perdagangan antarwilayah barat dan timur.
 
Logistik memang isu lama, tapi sekarang sudah mulai semua pihak punya view yang sama. Perlu ada improvement semua melihat ini adalah sesuatu yang penting. Ini harus terus digaungkan dan diperbaiki, ucapnya.
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper