Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Target Pajak Kanwil Jawa Barat I Naik 39,5%

Target penerimaan pajak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I tahun ini naik 39,5% dari realisasi 2015, yakni sebesar Rp30,13 triliun.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BANDUNG—Target penerimaan pajak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Barat I tahun ini naik 39,5% dari realisasi 2015, yakni sebesar Rp30,13 triliun.

Tahun lalu, penerimaan pajak di Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jawa Barat I tercatat senilai Rp21,6 triliun atau di bawah target yang jumlahnya Rp25,6 triliun. Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I Yoyok Satiotomo mengatakan meski penerimaan pajak tahun lalu meleset dari target Rp25,6 triliun, tapi dia meyakini target 2016 dapat terpenuhi.

Pasalnya, potensi pajak di wilayahnya masih sangat besar. “Saya sudah keliling 16 Kantor Pajak Pratama (KPP), potensinya masih besar. Masih banyak wajib pajak yang tidak melaporkan Surat Pemberitahuan Pajak (SPT), padahal mereka ada transaksinya,” ujarnya di sela-sela acara Pekan Panutan 2016 di Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (10/2/2016).

Kota Bandung dan Kabupaten Bandung disebut sebagai daerah dengan realisasi penerimaan terbesar. Sementara, wilayah Ciamis, Banjar, dan Pangandaran merupakan yang terendah dengan angka pelaporan di bawah 60%.

Untuk wajib pajak berbentuk badan, penerimaan terbesar berasal dari industri pengolahan dengan porsi lebih dari 50%. Sektor ini antara lain mencakup industri tekstil dan garmen, serta sepatu.

Dia melanjutkan demi mengejar target 2016 pihaknya sudah menyusun rencana kerja sejak Desember tahun lalu dan menetapkan target per bulan. Sayangnya, dia tidak menyebutkan angka per Januari 2016.

Selain itu, Kanwil DJP Jawa Barat I bekerja sama dengan pihak kepolisian dan kejaksaan dalam menangani wajib pajak yang memberikan pelaporan pajak fiktif. Saat ini, terdapat 40 wajib pajak yang sedang menjalani proses hukum karena tersangkut pelaporan pajak yang tidak sesuai. ()

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper