Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Cara Bukopin Syariah Rayu Nasabah Agar Rajin Menabung

Undian berhadiah masih menjadi strategi PT Bank Syariah Bukopin (BSB) untuk merayu masyarakat membuka rekening tabungan.
Bank Syariah Bukopin/syariahbukopin.co.id
Bank Syariah Bukopin/syariahbukopin.co.id

Bisnis.com, JAKARTA--Undian berhadiah masih menjadi strategi PT Bank Syariah Bukopin (BSB) untuk merayu masyarakat membuka rekening tabungan.

Direktur Utama BSB Riyanto mengatakan strategi tersebut dianggap yang paling jitu untuk saat ini. Menurutnya tipikal masyarakat Indonesia baru tertarik untuk membuka tabungan apabila ada iming-iming hadiah.

"Makanya kalau ada iming-iming seperti ini gairah masyarakat untuk menabung itu besar sekali," katanya usai meluncurkan program tabungan berhadiah "Berkah iB SiAga Berhadiah" di Jakarta, Kamis (25/2/2016).

Riyanto menambahkan bahwa bukan hanya BSB yang memakai strategi seperti ini namun juga bank-bank besar lain.

Ia mengaku optimis cara ini akan berhasil mendongkrak komposisi tabungan mengingat pengalaman 2013 lalu ketika program ini pertama kali diluncurkan. Saat itu total tabungan melonjak hingga 50% berkat strategi ini.

Hanya saja tahun berikutnya program ini dihentikan sementara karena regulasi. Waktu itu undian berhadiah dianggap tidak sesuai dengan konsep perbankan syariah. Namun setelah dikaji dan dicari formula yang pas barulah program ini dijalankan kembali dengan berbagai penyesuaian.

Selain sebagai upaya menjaga loyalitas nasabah, program ini juga merupakan cara BSB untuk memperbaiki performa tahun lalu yang kurang maksimal di sektor tabungan. Riyanto mengatakan target tabungan tahun lalu hanya tercapai 90%. Bila dibandingkan dengan giro dantime deposit, persentase tersebut kalah jauh.

"Giro kami targetnya tercapai 127%.Time depositjuga diatas 100%," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper