Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Investasi Deposito? Perhatikan 5 Hal Ini

Banyak program dan penawaran menarik yang diberikan perbankan untuk bisa mengambil hati nasabah dalam mempercayakan dananya.nn
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Menyimpan uang di bank sudah lumrah dilakukan.

Banyak program dan penawaran menarik yang diberikan perbankan untuk bisa mengambil hati nasabah dalam mempercayakan dananya.

Salah satu produk perbankan yang juga memiliki nilai investasi yang cukup baik adalah deposito.

Deposito biasanya menawarkan bunga di atas bunga tabungan. Namun, deposito hanya bisa diambil esuai dengan jangka waktu tertentu dan hanya bisa diambil di bank tempat Anda membuat deposito.

Deposito merupakan bentuk investasi yang paling aman namun memiliki bunga yang paling kecil dibandingkan produk investasi lainnya.

Oleh karena itu, deposito sangat cocok bagi Anda yang masih awam tentang dunia investasi namun ingin mengembangkan uang.

Sebelum menentukan pada bank mana deposito akan disimpan, ada baiknya mengetahui informasi berikut.

1. Reputasi Bank
Reputasi bank adalah hal yang penting sebelum menyimpan uang di sana. Bank tempat menyimpan deposito harus memenuhi standar kesehatan oleh Bank Indonesia dan juga Otoritas Jasa Keuangan. Hal ini diperlukan untuk menghindari diri Anda dari risiko kebangkrutan bank.

2. Waktu Deposito
Perbedaan jangka waktu deposito akan mempengaruhi besaran bunga deposito yang diberikan oleh bank. Namun, jangan hanya terpengaruh pada besaran bunga yang diberikan. Pastikan waktu deposito yang Anda pilih sesuai dengan kebutuhan pada masa yang akan datang.

3. Lakukan Perbandingan Antar Bank
Cari tahu apa saja program lain yang diberikan oleh bank dalam kaitannya dengan deposito yang akan disimpan. Selain tentunya mempertimbangkan faktor bunga yang diberikan oleh masing-masing bank.

4. Bunga Deposito
Simpanan yang dimasukkan ke perbankan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Namun, LPS memiliki tingkat bunga tersendiri dalam menjamin simpanan nasabah. Hati-hati saat mendapat tawaran bunga deposito yang tinggi, LPS tidak akan menjamin uang yang disimpan di atas suku bunga penjaminan yang telah ditetapkan.

5. Persyaratan dan Biaya Lainnya
Masing-masing bank memiliki syarat yang berbeda-beda ketika nasabah akan membuka deposito. Pilihlah bank dengan persyaratan paling mudah, hal ini bertujuan untuk kemudahan saja. Semakin rumit, tentunya akan semakin merepotkan bukan? Selain itu, perhatikan biaya administrasi per bulan dan biaya penalti jika melakukan penarikan sebelum jatuh tempo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper