Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: Jadi Entrepreneur Karena Ingin Kaya? No Way

Memang benar bahwa hasil dari entrepreneur adalah uang. Akan tetapi, membangun sebuah bisnis baru tidak bisa didasari keinginan menjadi kaya.
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis

Banyak orang berasumsi bahwa entrepreneur adalah untuk menjadi kaya. Ini tidak benar.

Memang benar bahwa hasil dari entrepreneur adalah uang. Akan tetapi, membangun sebuah bisnis baru tidak bisa idasari keinginan menjadi kaya.

1. Bila Anda memilih, menikah dengan Britney Spears atau dengan istri anda, pasti besar kemungkinan anda milih istri sekarang. Mengapa?

Karena Britney Spears begitu cantik, pasti risikonya juga besar. Anda mikir seperti nasib Whitney Houston, jangan-jangan bukannya Anda bahagia malah berujung celaka.

Demikian pula bila Anda membandingkan opportunity dengan gaji Anda sekarang. Besar kemungkinan Anda tidak jadi entrepreneur. Entrepreneurs tidak dibangun atas motivasi menjadi kaya. Karena asa pepatah mengatakan no pain no gain. Hasil yang besar butuh risiko besar.

2. Entrepreneurs bukan hanya manajemen. Ya, memang perusahaan butuh manajemen, namun entrepreneur butuh duplikasi (pembelahan).

Itu seperti memelihara tanaman, manajemen adalah memberi pupuk dan menyiram. Tapi benihnya harus entah dari biji pohon atau dicangkok.

Ilmu pembibitan beda dengan ilmu hama dan penyakit tanaman, jadi berbeda pula antara entrepreneur dengan manajemen.

3. Apakah sebuah biji benih pasti bisa menghasilkan tanaman berbuah? Tidak.

Sebuah entrepreneur selain didasari celah pasar kebutuhan konsumen, dengan produk yang unggul, tapi sebuah "nyawa" diperlukan.

Nyawa itu adalah benih kehidupan. Menciptakan hidup. Disini berperan kekuasaan. Tangan kekuasaan inilah yang mendorong terjadinya kehidupan, memberi nyawa pada entrepreneurs.

4. Seperti halnya mukadimah proklamasi, raison d'être, alasan sebuah pendirian negara, sebuah entrepreneurs harus memiliki alasan pendirian. Jadi faktor terpenting sebuah entrepreneur adalah motivasi menemukan "jalan" baru, sebuah kapal venture yang baru.

Seperti melahirkan anak, tidak serta merta asal laki-laki berhubungan dengan wanita, butuh banyak alasan lain untuk melahirkan anak.

Lebih jelasnya dasar dari sebuah venture yang baru ada 3 syarat:

1. Peace, damai
2. Mercy, rahmat, ampunan, forgiveness, memaafkan
3. Blessings, direstui.

Penulis
Goenardjoadi Goenawan
Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen, termasuk "Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang", "Money Intelligent: Rahasia Kaya, Mulai Berbisnis" yang baru terbit. goenardjoadi @ gmail.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper