Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pariwisata Joglosemar: 12 BUMN Ini Sepakat Mendukung

Sedikitnya 12 Badan Usaha Milik Negara(BUMN)menyatakan komitmennya dalam mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar).
Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan/Jibiphoto-Agoes Rudianto
Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi di Candi Prambanan/Jibiphoto-Agoes Rudianto

Bisnis.com, JAKARTA--Sedikitnya 12 Badan Usaha Milik Negara(BUMN)menyatakan komitmennya dalam mendukung pengembangan pariwisata di kawasan Yogyakarta-Solo-Semarang (Joglosemar).

 

Kedua belasBUMN dan anak usaha BUMN yang turut dalam kerja sama tersebut yaituPelindo III, Garuda Indonesia, Angkasa Pura I, Kereta Api Indonesia, Perum Perhutani, PTPN IX, Perum Damri, Taman Wisata Candi, Hotel Indonesia Natour, ITDC, Patra Jasa, Aerowisata.

 

Komitmenyang dinyatakan di hadapan Menteri BUMN Rini Soemarno,di Prambanan, Sleman,Rabu (27/4/2016) itudiwujudkan dalam perjanjian kerjasamauntuk promosi pariwisata, pengembangan kawasan wisata, dan integrasi antarmoda transportasi dikoridorJoglosemar.

 

Rini mengatakan komitmen bersama 12 BUMN tersebut adalah bagian dari upayamendukung tercapainyatargetkunjungan 2 juta wisatawan di kawasan Joglosemar pada 2019.

 

Saat ini, kunjungan ke kawasan tersebutmasihsekitar 200.000 wisatawan setiap tahunnya. "Kalau dihitung akan ada peningkatan 10 kali dari jumlah kunjungan saat ini," terangnya dalam siaran pers yang dilansir PT Pelindo III (Persero), Rabu (27/4/2016).

 

Sejumlah rencana besar telah disiapkan BUMN dalam mendukung peningkatan kunjungan wisatawan.

 

Misalnya, pembangunan bandara baru di Kulon Progo, Yogyakarta danrevitalisasi di Pelabuhan Tanjung EmasSemarangsebagai pintu masukwisatawan dengankapal pesiar.

 

Selain itu, ada rencana pembangunan rel kereta api yang menghubungkanBandara Adi Soemarmo,Solo,dengan jalur kereta api ke Yogyakarta. "Di darat,Damri juga harus siap mendukung integrasi intermoda transportasi," tambahRini Soemarno..

 

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X mengatakan kawasan Joglosemar merupakan kawasan segitiga ekonomi di Pulau Jawa. Kawasan tersebut memiliki daya tarik wisata yang sangat khas,khususnya terkait dengan budaya daerah.

 

"Joglosemar ini memiliki banyak peninggalan budaya yang terkenal di dunia. Ada (Candi) Borobudur,Keraton Jogja dan Solo, (Candi) Prambanan, dan masih ada daya tarik wisata lainnya," paparSriSultan.

 

Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III Toto Heliyanto menjelaskan peran Pelindo III dalam pengembangan pariwisata di kawasan Joglosemar melalui PelabuhanTanjung Emas Semarang.

 

Menurutnya,Pelabuhan Tanjung Emas merupakan pintu masuk wisatawan mancanegara pengguna sarana kapal pesiar. Tahun ini, direncanakan ada 20 kapal pesiar yang akan singgah di Pelabuhan Tanjung Emas.

 

"Sekali datang bisa mencapai 2.000 wisatawan mancanegara. Mereka biasanya keCandi Borobudur," katanya.

 

Dukungan pengembangan pariwisata diwujudkan Pelindo III dalam bentuk revitalisasi pelabuhan.Sebelumnyapelabuhanituterkendalarob(limpasan air laut pasang), kini kendala tersebut sudah diatasi dengan teknologi sistem polder untuk mengeringkan.

 

Pelindo III juga telah merevitalisasi terminal penumpang pelabuhanmelalui berbagaipenataan interior yangmenyamankan para penumpang kapal laut.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper