Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia Generasi II Mulai Berjalan

Layanan transfer dana melalui kliring dilakukan sebanyak empat kali sehari, yakni saat ini pelayanan ditambah menjadi 5 kali, yaitu pada pukul 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, dan 16.15 WIB.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Masyarakat kini dapat lebih mudah, cepat, dan terjangkau, dalam melakukan transfer dana melalui sistem kliring nasional.

Direktur Departemen Komunikasi BI Peter Jacob mengatakan layanan transfer dana melalui kliring dilakukan sebanyak empat kali sehari, yakni saat ini pelayanan ditambah menjadi 5 kali, yaitu pada pukul 09.00, 11.00, 13.00, 15.00, dan 16.15 WIB.

Sementara itu, untuk layanan kliring warkat debit ditingkatkan menjadi empat kali yang sebelumnya satu kali sehari.

"Dengan penambahan layanan tersebut, dana nasabah akan terkirim dalam jangka waktu maksimal empat jam," ujarnya di Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Hal tersebut dimungkinkan dengan mulai berjalannya Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) Generasi II, pada Jumat, 5 Juni 2015.

Waktu transfer yang lebih cepat merupakan tahap pertama pengembangan layanan transfer dana dan kliring warkat debit dari dua tahap rencana pengembangan SKBI Generasi II.

"Kami akan mengembangkan layanan multiple transfer, yaitu jasa layanan pemrosesan transaksi yang penerima maupun pengirimnya lebih dari satu pihak atau multiple guna memfasilitasi berbagai pembayaran atau penagihan rutin," ucapnya.

SKNBI Generasi II, layanannya dibuka dari pukul 06.30 hingga 16.00 WIB, diperpanjang menjadi 9,5 jam sebelumnya 8 jam.

Hal tersebut merupakan penyempurnaan dari SKNBI Generasi I, yang telah berjalan selama 10 tahun.

Penyempurnaan dalam SKNBI Generasi II juga mencakup perluasan akses kepesertaan terhadap penyelenggara transfer dana selain bank umum, yaitu menambah juga penyelenggara transfer dana (PTD) non bank khusus untuk layanan transfer dana (kliring kredit).

"Hal ini memungkinkan masyarakat melakukan transfer dana ke seluruh wilayah Indonesia secara aman, murah, dan efisien" kata Jacob.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yanita Petriella
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper