Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Konsumen Masih Optimistis Terhadap Perekonomian

Survei konsumen Bank Indonesia menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2016 masih berada level optimistis dengan besaran 109,0. Angka itu lebih rendah sedikit dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 109,8.
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Supri
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Supri
Bisnis.com, JAKARTA - Survei konsumen Bank Indonesia menunjukkan Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada April 2016 masih berada level optimistis dengan besaran 109,0. Angka itu lebih rendah sedikit dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 109,8.

Hasil survei BI juga memperlihatkan konsumen yang menduga adanya tekanan kenaikan harga masih meningkat pada Juli 2016. Indeks Ekspetasi Harga pada tiga bulan mendatang tercatat naik 2,6 poin menjadi 174,0.

Tekanan kenaikan harga diperkirakan terjadi pada kelompok sandang dan kelompok bahan makanan seiring prediksi peningkatan permintaan jelang Idulfitri.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan kementerian terkait untuk mengantisipasi kenaikan harga barang-barang pokok jelang idul fitri, Juli nanti. Presiden menginginkan harga daging sapi bisa ditekan di kisaran Rp80.000 menjelang hari raya.

Sementara itu, indeks ekspetasi konsumen terhadap kondisi ekonomi 6 bulan mendatang meningkat dari bulan sebelumnya. Pada April 2016, indeks itu berada pada level 123,2 atau naik tipis 0,1 poin. Hal ini didorong kenaikan ekspetasu ketersediaan lapangan kerja. Sementara, indeks ekspetasi kegiatan usaha dan penghasilan mengalami penurunan.

Survei BI juga menunjukkan tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang atau Oktober 2016 kembali melambat dari bulan sebelumnya. Indeks ekspetasi harga 6 bulan mendatang tercatat sebesar 157,7 atau turun 6,5 poin dari bulan sebelumnya. Sementara itu, jumlah tabungan juga tidak lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

"Kenaikan jumlah pinjaman 6 bulan mendatang diperkirakan lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Sagara, dalam keterangan resmi, Rabu (4/5/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper