Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Alex: Kualitas Program CSR Kelas BUMN di Sumsel

Sejumlah BUMN yang beroperasi di Sumatra Selatan dikritik Gubernur Sumsel Alex Noerdin belum memberi kontribusi besar melalui program CSR terhadap provinsi itu.
Alex Noerdin/Antara
Alex Noerdin/Antara

Bisnis.com, PALEMBANG - Sejumlah BUMN yang beroperasi di Sumatra Selatan dikritik Gubernur Sumsel Alex Noerdin belum memberi kontribusi besar melalui program CSR terhadap provinsi itu.

Alex menyebut BUMN yang ada di Sumsel masih pelit dan tidak memerhatikan Sumsel sebagai daerah penghasil produksi perusahaan.

"PT Pusri, CSR-nya malu-maluin sedangkan ini adalah pabrik pupuk pertama di Indonesia, tapi Pusri belum memerhatikan daerah asalnya," katanya saat menerima kunjungan Komisi VI DPR RI di Palembang, Senin (9/5/2016).

Alex juga menyemprit BUMN lainnya, seperti PT Pertamina, PT KAI dan PT PGN yang dinilai belum optimal memberikan CSR. Apalagi, kata dia, Sumsel bakal menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

Dia mencontohkan perusahaan swasta, seperti Conocophillips Indonesia sudah menggelontorkan dana CSR untuk membangun venue di JSC beberapa tahun lalu.

Sehingga pemda membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk BUMN, untuk melengkapi fasilitas di JSC.`"PGN itu belum berikan CSR satu sen pun padahal bisnisnya itu dari Sumsel, gas itu kan dari sini," ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Dodi Reza Alex, mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti keluhan gubernur di rapat dengar pendapat dengan BUMN.

"Ini akan jadi catatan penting bagaimana sukseskan program pembangunan khususnya Asian Games. Pihak swasta saja berkontribusi seharusnya BUMN juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dinda Wulandari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper