Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Pemicu Deposan BTN Buru-buru Kunci Bunga Depositonya

Sejumlah deposan PT Bank Tabungan Negara Tbk. mulai memindahkan dananya dari tenor pendek ke tenor panjang sebagai langkah antisipasi penurunan suku bunga deposito.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah deposan PT Bank Tabungan Negara Tbk. mulai memindahkan dananya dari tenor pendek ke tenor panjang sebagai langkah antisipasi penurunan suku bunga deposito.

Direktur Bank BTN Iman Nugroho Soeko menuturkan alasan perpindahan tersebut karena pemilik dana menyadari bahwa suku bunga simpanan akan bergerak turun sesuai kebijakan pemerintah, BI dan OJK.

Dengan demikian, dana yang mereka tidak terlalu perlukan akan ditempatkan di tenor panjang agar bisa tetap mendapatkan return. "Dana yang tidak diperlukan segera ditempatkan di tenor panjang agar dapat return tinggi dibanding nanti setelah Agustus," ujarnya, Selasa (17/5/2016).

Sementara itu, ekonom Senior Kenta Institute Eric Sugandi mengatakan perpindahan dana tersebut kemungkinan disebabkan oleh keinginan pemilik dana untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Pasalnya suku bunga di tenor panjang lebih tinggi.

"Ya memang begitu. Mereka berusaha me-lock suku bunga deposito jangka panjang supaya tidak di-adjust turun ketika ada penurunan suku bunga oleh bank dalam jangka pendek," tukasnya.

Berdasarkan Statistik Perbankan Indonesia yang dirilis OJK, per Februari 2016 pertumbuhan simpanan berjangka untuk tenor diatas 1 bulan cukup signifikan dibandingkan akhir tahun 2016.

Pada Februari tahun ini, deposito tenor 1 bulan hanya meningkat 1,5% year to date (y-t-d). Sementara tenor 3 dan 6 bulan masing-masing meningkat sebesar 5,4% dan 14,5% (y-t-d).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper