Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERTUMBUHAN EKONOMI AS: Kuartal II, Ekonom Prediksi Tumbuh Dua Persen

Produksi industri Amerika Serikat pada April melonjak pada laju tercepat dalam lebih dari satu tahun, menandai ekonomi AS akan kembali menguat di kuartal kedua, kata Federal Reserve seperti dikutip Antara, Rabu (18/5/2016)
PDB AS kuartal II diprediksi tumbuh 2%/Investingnews.com
PDB AS kuartal II diprediksi tumbuh 2%/Investingnews.com

Bisnis.com, JAKARTA- Produksi industri Amerika Serikat pada April melonjak pada laju tercepat dalam lebih dari satu tahun, menandai ekonomi AS akan kembali menguat di kuartal kedua, kata Federal Reserve seperti dikutip Antara, Rabu (18/5/2016).

Produksi industri, yaitu indikator output (keluaran) manufaktur, tambang dan utilitas, meningkat 0,7% pada April dari bulan sebelumnya, yang merupakan kenaikan bulanan terbesar sejak November 2014.

Peningkatan produksi industri bulan lalu terutama didorong oleh kenaikan 5,8% dari output utilitas, karena permintaan yang lebih tinggi untuk listrik dan gas alam karena cuaca yang lebih hangat dari biasanya pada Maret.

Tapi output pertambangan turun 2,3%n pada April, merupakan penurunan bulanan kedelapan berturut-turut, karena perusahaan-perusahaan energi terus mengurangi pengeboran minyak dan gas mereka.

Output manufaktur, komponen terbesar dari produksi industri secara keseluruhan, naik 0,3% pada April setelah jatuh dengan kecepatan yang sama pada Maret, sebuah tanda bahwa kondisi terburuk dari krisis sektor manufaktur akibat pelambatan ekonomi global dan apresiasi dolar AS mungkin telah berakhir.

Kenaikan dalam sektor industri secara keseluruhan, datang setelah rilis terbaru data penjualan ritel yang kuat pada April, menunjukkan bahwa ekonomi AS akan kembali menguat di kuartal kedua setelah dalam posisi mengecewakan awal tahun ini.

Ekonomi AS tumbuh pada tingkat tahunan hanya 0,5% pada kuartal pertama tahun ini, angka terlemah dalam dua tahun dan lebih rendah dari kenaikan 1,4% pada kuartal sebelumnya, lapor Departemen Perdagangan bulan lalu.

Para ekonom memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS akan "rebound" sekitar dua persen pada kuartal kedua.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper