Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Mandiri Layani Transaksi Keuangan Angkasa Pura II

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyiapkan layanan transaksi keuangan guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan bandara yang berada dalam kelolaan Angkasa Pura (AP) II.
Bank Mandiri
Bank Mandiri

Bisnis.com, JAKARTA—PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. menyiapkan layanan transaksi keuangan guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan bandara yang berada dalam kelolaan Angkasa Pura (AP) II.

Perjanjian kerjasama mengenai kolaborasi tersebut ditandatangani oleh Direktur Digital Banking dan Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans dan Direktur Keuangan Angkasa Pura 2 Andra Y Agussalam di Jakarta, Kamis (19/5/2016).

Dalam kerjasama itu, AP 2 dapat memanfaatkan layanan Mandiri Cash Management untuk mendapatkan solusi transaksi perbankan yang terintegrasi mulai dari solusi penerimaan, likuiditas, dan pembayaran. AP 2 pun akan dapat menggunakan layanan autodebit dalam pengelolaan penerimaan perusahaan dari pengelola bandara.

Direktur Digital Banking dan Technology Bank Mandiri Rico Usthavia Frans mengatakan sinergi BUMN ini sangat bermanfaat mengingat peran strategis kedua entitas BUMN tersebut dalam mendukung pencapaian program Nawacita Kabinet Kerja, yakni di bidang akses transportasi massa dan akses keuangan untuk pembiayaan pembangunan.

“Kami terus mengembangkan berbagai inovasi fitur layanan yang bisa ditawarkan Mandiri Cash Management agar dapat memberikan solusi terbaik kepada masyarakat dan memperkuat dukungan pada seluruh pemangku kepentingan di Indonesia,” ujar Rico, Kamis (19/5/2016).

Sementara itu, Direktur Keuangan Angkasa Pura 2 Andra Y Agussalam mengatakan, penandatanganan perjanjian kerjasama ini merupakan peningkatan dari kerjasama yang sudah terjalin sebelummya dengan Bank Mandiri.

Saat ini Angkasa Pura 2 sedang melakukan pembenahan untuk meningkatkan pelayanan di 13 Bandar Udara yang membutuhkan kegiatan pengelolaan keuangan yang baik.

“Melalui penandatanganan perjanjian kerjasama ini diharapkan menjadi solusi bisnis dalam pengelolaan keuangan Angkasa Pura 2 secara terpadu, efektif, dan efisien,” kata Andra.

Adapun layanan Mandiri Cash Management yang disepakati dalam kolaborasi ini meliputi pemanfaatan internet banking corporate yang dilengkapi dengan fitur manajemen informasi untuk pengecekan saldo AP 2 dan rekening tenant yang dikuasakan kepada AP 2. Fitur lainnya, yaitu manajemen pembayaran untuk pembayaran gaji karyawan (payroll), pembayaran pihak ketiga, dan pembayaran Modul Penerimaan Negara Generasi II (MPN G2).

Khusus untuk pembayaran MPN G2, Bank Mandiri telah memiliki fitur pembayaran khusus yang dapat digunakan AP 2 agar proses pembuatan billing dan pembayaran pajak dapat dilakukan dalam satu platform.

Selain layanan Mandiri Cash Management, Bank Mandiri telah mengimplementasikan layanan Mandiri Virtual Account untuk membantu identifikasi nama perusahaan dan jenis pembayaran seperti listrik prabayar dan air prabayar di kawasan Bandara udara oleh para tenant di bandara.

Saat ini, Angkasa Pura II membawahi 13 bandara di wilayah Sumatera, Jawa, dan Kalimantan dengan jumlah total masyarakat pengguna bandara sepanjang kuartal pertama tahun 2016 mencapai 28.74 juta orang atau naik 12.35% dari periode yang sama tahun lalu.

Sementara, pada akhir Maret 2016, layanan Mandiri cash management ini telah membantu pengelolaan kas di sebanyak 15.565 pengguna, dengan fitur yang paling banyak digunakan yakni pembayaran pada pihak ketiga, dan pembayaran MPN G2. Sementara frekuensi transaksi yang dilakukan melalui layanan ini pada Januari - Maret 2016 tercatat sebanyak 17,1 juta transaksi dengan nilai Rp897 milliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper