Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dukung Industri Sawit, Bank Mandiri Salurkan Kredit Rp58,32 T per Maret 2016

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. telah menyalurkan pembiayaan ke sektor industri kelapa sawit hingga Rp58,32 triliun per Maret 2016.
Bank Mandiri/Jibiphoto
Bank Mandiri/Jibiphoto

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. telah menyalurkan pembiayaan ke sektor industri kelapa sawit hingga Rp58,32 triliun per Maret 2016.

Dukungan pembiayaan tersebut disalurkan untuk pengembangan kelapa sawit secara on farm dan off farm.

Lebih rinci, dari total pembiayaan tersebut, pembiayaan khusus pada pengembangan perkebunan kelapa sawit (on farm) mencapai Rp49,15 triliun.

Sementara pembiayaan pada sektor off farm yang meliputi produk turunan kelapa sawit, baik refinery maupun oleochemical, mencapai Rp9,17 triliun.  

Selain melalui pembiayaan, Bank Mandiri juga memberikan layanan pembayaran pungutan ekspor CPO, bersama BRI dan BNI.

Sepanjang tahun lalu, pembayaran pungutan ekspor CPO di Bank Mandiri mencapai Rp5,2 triliun atau sekitar 75% dari total pungutan ekspor CPO di perbankan.

Adapun untuk memudahkan dan meningkatkan kenyamanan para pelaku usaha di sektor industri kelapa sawit (CPO) dalam melakukan pembayaran pungutan ekspor tersebut, Bank Mandiri menyiapkan sistem layanan elektronik.

Melalui sistem ini, pembayaran pungutan ekspor CPO akan dapat dilakukan via jaringan Mandiri ATM, internet banking, serta Mandiri Cash Management.

Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Sulaiman A Arianto menjelaskan, pihaknya berharap langkah ini dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) di industri kelapa sawit ini.

“Pengembangan alat pembayaran ini juga sejalan dengan keinginan kami menjadi sahabat strategis yang mampu memberikan nilai tambah bagi para eksportir serta pemerintah sebagai regulator di sektor industri ini,” ujarnya, Kamis (26/5/2016).

Selain kemudahan dan kenyamanan, tambah Sulaiman, sistem pembayaran eletronik juga akan memudahkan Badan Pengelola Dana Pungutan Kelapa Sawit (BPDPKS) karena proses verifikasi data dilakukan secara real time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper