Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Gaji Ke-13 dan THR PNS Motor Konsumsi Pada Ramadan

Pemberian gaji ke-13 dan tunjangan hari raya aparatur sipil negara menjadi motor pergerakan konsumsi di bulan puasa pada Juni 2016.
Pegawai Negeri Sipil/Antara
Pegawai Negeri Sipil/Antara

Bisnis.com,  JAKARTA -  Pemberian gaji ke-13 dan tunjangan hari raya aparatur sipil negara menjadi motor pergerakan konsumsi di bulan puasa pada Juni 2016.

Gubernur Bank Indonesia Agus DW Martowardojo mengatakan beberapa perusahaan publik mengalami penurunan penjualan sehibgga gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) pegawai negeri diharapkan membantu pengeluaran konsumen sehingga konsumsi akan lebih baik.

"Jadi memang ada sedikit menurun, namun kita melihat bahwa kalau nanti gaji ke 13 dan 14 dibayarkan Juni 2016, ini akan membantu pengeluaran," katanya, di Jakarta, Jumat (27/5/2016).

Pemerintah berencana memberikan gaji ke-13 sebesar penghasilan sebulan pada Juni 2016. Untuk PNS, anggota TNI/POLRI meliputi  gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan/tunjangan umum dan tunjangan kinerja. Sedangkan, bagi pejabat negara meliputi  gaji pokok, tunjangan keluarga dan tunjangan jabatan.

Sementara, THR akan diberikan sebesar gaji pokok pada bulan Juni 2016.THR untuk penerima pensiun/tunjangan hanya  50% dari pensiun pokok/tunjangan pada Juni 2016.

Menjelang Ramadhan, justru inflasi masih diperkirakan rendah. BI memperkirakan inflasi pada Mei 2016 akan berada di level 0,19% (mtm) dan 3,3% (yoy). Agus mengatakan tekanan di produk holtikultura termasuk cabai cenderung lebih turun, sementara faging ayam masih mengalami pelonjakan.

"Jadi secara umum kami masih optimis target 4% plus minus 1% masih akan bisa dicapai tahun ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper