Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI KORSEL: Output Industri Turun 2,8%

Produksi industri Korea Selatan turun melebihi perkiraan ekonom karena ekspor yang lemah dan restrukturisasi industri galangan kapal terun menurunkan permintaan dan sentimen bisnis.
/ibtimes
/ibtimes

Bisnis.com, JAKARTA - Produksi industri Korea Selatan turun melebihi perkiraan ekonom karena ekspor yang lemah dan restrukturisasi industri galangan kapal terun menurunkan permintaan dan sentimen bisnis.

Badan statistik Korea Selatan menyatakan output industri turun 2,8% dari tahun sebelumnya pada bulan April. Penurunan ini lebih rendah dari perkiraan ekonom dalam survey Bloomberg yang mencapai minus 1,3%. Produksi turun 1,3% dari bulan sebelumnya.

Ekonom Mirae Asset Daewoo Co, Suh Dae Il mengatakan tren output industri yang negatif menunjukkan fundamental ekonomi yang lemah

"Upaya pemerintah untuk merestrukturisasi industri galangan kapal dan pengiriman akan mempengaruhi permintaan domestik," katanya seperti yang dikutip dari Bloomberg.

Suh memperkirakan bahwa Bank of Korea akan memotong suku bunga acuan sebesar 25 basis poin pada bulan Juli, karena data terus bertentangan dengan prediksi BOK bahwa permintaan domestik akan mendukung pertumbuhan.

Rasio persediaan terhadap pengiriman sedikit menurun menjadi 124,2% pada April. Rasio yang tinggi tersebut menandakan melemahnya permintaan karena produsen menumpuk barang yang tidak terjual di gudang mereka.

Produksi komponen elektronik turun 12,7% dari tahun lalu, sementara produksi mobil dan mesin turun masing-masing  8,7% dan 9,5%. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper