Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suku Bunga Kredit Perbankan Mulai Turun

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan kalangan industri perbankan telah menurunkan suku bunga dasar kredit (SBDK) minimal sebanyak 1%.
suku bunga
suku bunga

Bisnis.com, MEDAN--Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan kalangan industri perbankan  telah menurunkan suku bunga dasar kredit (SBDK) minimal sebanyak 1%.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon mengungkapkan industri perbankan mulai menurunkan suku bunga kredit sesuai dengan arahan OJK. Dia mengatakan penurunan yang paling terlihat terjadi pada  kredit korporasi.

"Bank-bank mulai menurunkan suku bunga kredit, terutama untuk korporasi. BUnga kredit mikro belum," ungkapnya di Medan, Senin (20/6/2016).

Menurut Nelson, kalangan perbankan masih mengalami kesulitan untuk menurunkan suku bunga kredit mikro, karena tingginya biaya operasional seperti kebutuhan sumber daya manusia, pembukaan jaringan kantor.

Dia mengharapkan agar industri perbankan bisa menekan biaya operasional dalam penyaluran kredit mikro, sehingga suku bunga yang diberikan kepada rakyat kecil bisa semakin berkurang. Dia menuturkan saat ini suku bunga kredit mikro di pasaran sekitar 23% per tahun.

Adapun SBDK untuk kredit korporasi pada April 2016 yang diberikan BRI, Bank Mandiri, BCA, BNI dan BTN masing-masing 10,5%, 10,25%, 10%, 10,25% dan 11,25%. Sementara itu bunga kredit mikro Bank Mandiri yang tertulis dalam SBDK per April mencapai 19,25% dan BRI 17%.Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatatkan kalangan industri perbankan  telah menurunkan suku bunga dasar kredit (SBDK) minimal sebanyak 1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper