Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL REFERENDUM INGGRIS: Tanpa Diduga, Brexit Sementara Memimpin

Pelaksanaan referendum Inggris yang baru saja berakhir tanpa diduga menempatkan suara keluar bagi Inggris (Brexit) sebagai pimpinan hasil sementara.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Bisnis.com, LONDON – Pelaksanaan referendum Inggris yang baru saja berakhir tanpa diduga menempatkan suara ‘keluar’ bagi Inggris (Brexit) sebagai pimpinan hasil sementara.

Berdasarkan perhitungan hasil resmi lima wilayah pemungutan suara dari total 382 wilayah, jumlah suara yang menginginkan Inggris untuk keluar dari keanggotaannya selama 43 tahun di Uni Eropa sedikit memimpin dengan 3.207 suara.

Meskipun masih terlalu dini untuk ditentukan, hasil ini telah mendorong kegoyahan pada pergerakan nilai tukar mata uang pound sterling.

Dalam beberapa jajak pendapat terbaru sebelum referendum Inggris berlangsung kemarin, jumlah suara yang mendukung Inggris untuk bertahan diketahui memimpin perolehan. Bahkan, dua tokoh penting kubu anti-UE berpikir adanya kemungkinan untuk kalah.

Dalam pernyataannya kepada Sky News, seperti dikutip dari Reuters hari ini (24/6/2016), Ketua Partai Independen Inggris Nigel Farage yang memberikan dukungan vokal bagi Inggris untuk keluar dari UE memprediksi bahwa kubu ‘bertahan’ akan memimpin berdasarkan beberapa polling dalam pasar finansial.

Komentar Farage dan hasil jajak pendapat pro-bertahan sebelumnya dapat mengangkat pound ke atas US$1,50, level tertinggi tahun ini.

Namun pergerakannya kemudian terjun setelah hasil penghitungan suara di kota Sunderland yang menunjukkan hasil pro-keluar yang lebih kuat dari yang diperkirakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper