Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Adakan Gerakan Peduli Koin

Bank Indonesia menyelenggarakan Gerakan Peduli Koin pada, 25-26 Juni 2016, di Lapangan Lenggang IRTI Monas, Jakarta.
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Supri
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Supri

Bisnis.com, JAKARTA--Bank Indonesia menyelenggarakan Gerakan Peduli Koin pada, 25-26 Juni 2016, di Lapangan Lenggang IRTI Monas, Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat dalam penggunaan uang koin sebagai alat pembayaran yang sah, meningkatkan efektivitas uang koin, dan menyediakan fasilitas kepada masyarakat yang akan melakukan penukaran uang koin.

Acara diresmikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas, dan dihadiri pula oleh walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede, beserta pimpinan perbankan.

Ronald mengatakan uang koin adalah alat pembayaran yang sah di Republik Indonesia. Namun umumnya uang koin ini tidak beredar di masyarakat.

"Dalam satu dasawarsa terakhir, BI telah mengeluarkan uang koin sekitar Rp 6 Triliun, namun yang kembali ke BI hanya Rp900 miliar atau 16% dengan tren semakin menurun," ujarnya Sabtu (25/6/2016).

Ronald menyatakan hal ini disebabkan budaya masyarakat yang masih menganggap uang koin bukan sebagai alat transaksi. Kondisi tersebut menyebabkan sirkulasi peredaran uang Rupiah khususnya uang koin di masyarakat tidak optimal.

"Oleh karena itu, melalui Gerakan Peduli Koin, BI mengajak masyarakat untuk peduli terhadap uang koin Rupiah sebagai alat transaksi pembayaran," katanya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari Gerakan Peduli Koin Nasional yang telah dicanangkan pada tahun 2010 melalui penandatangan Nota Kesepahaman, antara Gubernur Bank Indonesia, Menteri Perdagangan, dan Ketua APRINDO.

Untuk kembali menggiatkan gerakan tersebut, Bank Sentral mengajak 13 Bank untuk ikut serta Gerakan Peduli Koin. Kegiatan serupa sebelumnya telah dilaksanakan di beberapa daerah di seluruh Indonesia.

Masyarakat bukan hanya dapat menukar uang koin ke dalam pecahan kertas, namun juga ke dalam uang elektronik untuk membangun budaya nontunai di masyarakat. Ke depan, kegiatan Gerakan Pedui Koin akan dilaksanakan secara berkala di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper