Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hingga Mei 2016, SMI Catat Outstanding Rp20,68 Triliun

PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) mencatatkan realisasi pembiayaan atau outstanding senilai Rp20,68 triliun.

Bisnis.com, JAKARTA — PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) mencatatkan realisasi pembiayaan atau outstanding senilai Rp20,68 triliun.

Berdasarkan data perseroan yang dikutip Minggu (26/6/2016), hingga Mei 2016 PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) telah membukukan komitmen pembiayaan senilai Rp30,08 triliun dengan outstanding Rp20,68 triliun.

Pada periode tersebut nilai proyek yang dibiayai mencapai Rp21,86 triliun. Dengan begitu, total nilai proyek yang sudah dibiayai BUMN ini sejak 2012 mencapai Rp118,68 triliun.

President Director PT SMI Emma Sri Martini mengungkapkan pihaknya hingga akhir tahun ini menargetkan komitmen pembiayaan sekitar Rp35 triliun dengan realisasi penyaluran atau outstanding mencapai Rp27 triliun.

Dia menjelaskan seluruh penyaluran diarahkan kepada sejumlah proyek strategis nasional, antara lain pengembangan jalan tol, bandara dan proyek energi.

“Proyek-proyek prioritas, sesuai yang di sampaikan Menteri Keuangan yang paling banyak di depan mata kebutuhannya adalah yang tol. Tol Trans Sumatera Trans Jawa sama transportasi lainnya,” ujarnya, pekan lalu.

Emma menjelaskan sepanjang tahun berjalan sektor yang dominan memeroleh pembiayaan dri SMI adalah transportasi dan energi. Pihaknya juga mendukung pengembangan infrastruktur di daerah melalui fitur pinjaman daerah.

“Untuk infrastruktur sosial, size-nya kan tidak terlalu besar, seperti rumahsakit, irigasi, dan jalan dengan nilai proyek masih Rp200 miliar sampai Rp300 miliar,” ujarnya.

Emma menyatakan ke depan SMI akan terus membangkan pembangunan ekonomi daerah melalui fitur urban infrastructur, selain membiayai sejumlah proyek besar dalam strategi nasional.

Adapun, hinga akhir tahun 2015 SMI mampu merealisasikan komitmen pembiayaan Rp23,00 triliun dengan outstanding mencapai Rp17,08 triliun.

Pada tahun lalu, SMI mampu membiayai sejumlah proyek dengan nilai total mencapai Rp49,23 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper