Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Dampak Brexit Bagi Ekonomi Indonesia Relatif Terbatas

Bank Indonesia meyakini ekonomi Indonesia memiliki ketahanan yang baik di tengah ketidakpastian global terutama menanggapi keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Brexit hanya akan berdampak relatif terbatas baik di pasar keuangan maupun kegiatan perdagangan dan investasi.
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Darren Whiteside
Kantor Bank Indonesia/Reuters-Darren Whiteside

Bisnis.com, Jakarta--Bank Indonesia meyakini ekonomi Indonesia memiliki ketahanan yang baik di tengah ketidakpastian global terutama menanggapi keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Brexit hanya akan berdampak relatif terbatas baik di pasar keuangan maupun kegiatan perdagangan dan investasi.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Sagara mengatakan nilai tukar rupiah relatif stabil kendati terjadi pelemahan di pasar uang Eropa dan Asia. Pasar saham dalam negeri juga mengalami koreksi relatif terbatas dibandingkan India, Thailand, dan Korea Selatan.

"Selain di pasar keuangan, dalam jangka menengah, dampak Brexit melalui jalur perdagangan juga diyakini relatif terbatas," katanya dalam siaran pers, Minggu (26/6/2016).

Pangsa ekspor Indonesia ke Inggris hanya sekitar 1,0% dari total ekspor Indonesia. Namun, dia menyoroti dampak lanjutan terganggunya hubungan perdagangan United Kingdom-Eropa mengingat pangsa ekspor Indonesia ke Eropa (di luar Inggris) mencapai 11,4% pada tahun lalu.

"Sebagian besar ekspor Indonesia ke Eropa adalah bahan baku dan mentah. Sementara itu, dampak pada kinerja investasi di Indonesia juga diprediksi terbatas," ucapnya.

Dalam lima tahun terakhir, pangsa penanaman modal asing langsung dari Inggris terhadap total penanaman modal asing di Indonesia tercatat di bawah 10%. Ke depan, Bank Indonesia akan terus mencermati potensi risiko yang muncul dari hasil referendum di Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper