Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Pascaputusan Brexit, Ini Dampak Lanjutan Yang Perlu Diwaspadai

Bank Indonesia mengingatkan terdapat dampak lanjutan yang harus diwaspadai dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Britain Exit/Brexit), yakni potensi terganggunya kerja sama perdagangan antara dua pihak tersebut, yang juga bisa berpengaruh terhadap kinerja ekspor Indonesia.
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis
Bank Indonesia/Ilustrasi-Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Bank Indonesia mengingatkan terdapat dampak lanjutan yang harus diwaspadai dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Britain Exit/Brexit), yakni potensi terganggunya kerja sama perdagangan antara dua pihak tersebut, yang juga bisa berpengaruh terhadap kinerja ekspor Indonesia.

Pangsa ekspor Tanah Air ke Eropa,--terkecuali ke Inggris--, cukup besar yakni mencapai 11,4%, dengan mayoritas ekspor itu adalah bahan baku dan mentah, kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (26/6/2016).

"Bank Indonesia akan terus mencermati potensi risiko yang muncul dari hasil referendum di Inggris," ujar Tirta dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip dari Antara.

Dampak lanjutan Brexit terhadap pasar keuangan global juga sudah diwanti-wanti sebelumnya oleh Gubernur BI Agus Martowardojo. 

Menurut Agus, sentimen Brexit terhadap pasar keuangan global juga masih bisa membayangi karena jalan politik keluarnya Inggris dari Uni Eropa masih akan berlanjut. 

Sesuai perjanjian UE (EU Treaty), kata Agus, Inggris harus mengajukan permintaan secara resmi untuk keluar dari UE. Dalam proses permintaan itu, kata Agus, akan terjadi negosiasi, yang juga menyangkut perundingan soal tarif perdagangan dan insentif dalam kegiatan ekonomi. Dinamika yang terjadi dalam proses negosiasi itu bisa berpengaruh terhadap pasar keuangan global.

"Itu implikasinya biasanya jangka panjang. Jadi secara jangka pendek ada implikasi, tapi kami lihat implikasi yang benar adalah jangka panjang" kata Agus.

Adapun untuk jangka menengah, BI melihat dampak Brexit terhadap kinerja perdagangan, pasar keuangan dan investasi akan terbatas. 

Untuk investasi misalnya. Menurut data yang dilansir BI, dalam lima tahun terakhir, pangsa penanaman modal asing langsung dari Inggris terhadap total penanaman modal asing di Indonesia tercatat di bawah 10 persen. Begitu juga dengan yang terjadi di pasar keuangan.

Pada Jumat sore, atau setelah hasil refrendum yang menegaskan keinginan Brexit, rupiah menurut kurs tengah BI berada di Rp13.296 per dolar AS, melemah namun tidak signifikan dibanding Kamis (23/6) sebesar Rp13.265

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia juga sempat melemah pada Jumat siang, namun mampu "rebound" sebelum penutupan pasar pada Jumat sore. Tercatat, IHSG melemah 39,74 poin atau 0,81 persen menjadi 4.834,56. 

"Di pasar uang dan pasar saham Indonesia terdapat koreksi yang relatif terbatas, terutama apabila dibandingkan dengan koreksi di negara-negara lain seperti India, Thailand dan Korea Selatan," kata Tirta.

Dari sisi fundamen ekonomi, BI menilai ketahanan cukup terjaga, yang tercermin dari laju inflasi yang rendah, defisit transaksi berjalan yang terkendali, dan nilai tukar rupiah yang relatif stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper