Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mandiri Inkubator Bisnis Bakal Menjaring Pengusaha Untuk "Naik Kelas"

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. meluncurkan Mandiri Inkubator Bisnis (MIB) sebagai wadah untuk mengembangkan potensi para pengusaha muda.
Bank Mandiri/Jibiphoto
Bank Mandiri/Jibiphoto

Bisnis.com,JAKARTA--PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. meluncurkan Mandiri Inkubator Bisnis (MIB) sebagai wadah untuk mengembangkan potensi para pengusaha muda. Melalui program ini, Bank Mandiri menginginkan banyak pengusaha muda bisa mengembangkan bisnisnya lebih besar hingga naik kelas.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan dengan MIB, pengusaha muda yang dijaring bakal mendapatkan pembinaan secara komprehensif terkait pengembangan usahanya. "Jadi yang tadinya dia unbankable bisa jadi bankable, yang tadinya kelas mikro bisa jadi menengah, terus bisa masuk ke segmen komersial, dan seterusnya," ujarnya usai meluncurkan MIB di Rumah Mandiri Inkubator Bisnis, Selasa (28/6/2016).

Saat ini, lanjut Kartika, pihaknya belum mengetahui berapa total pengusaha muda yang telah dan berpotensi naik kelas melalui sejumlah pembinaan yang telah diberikan Bank Mandiri, termasuk melalui program Wirausaha Muda Mandiri (WMM). Justru, dengan MIB, Bank Mandiri bakal mulai melakukan identifikasi terhadap jumlah pengusaha yang naik kelas tersebut. "Dengan Mandiri Inkubator Bisnis ini kita akan men-track pengusaha yang naik kelas tersebut," katanya.

Tercatat sebanyak 44 startup yang merupakan finalis Wirausaha Muda Mandiri (WMM) bidang digital, finalis Mandiri Hackathon, dan anggota HIPMI Perguruan Tinggi akan ikut serta dalam kegiatan MIB ini. Menurut Kartika, seluruh peserta akan memperoleh pembekalan berupa kurikulum Mandiri Digital Incubator selama 6 bulan yang akan membantu pelaku usaha perintis (startup) dalam menggali potensi dari bisnis fintech dan digital banking.

Pada kurikulum ini, peserta akan mendapatkan teori dan aplikasi terkait pemahaman dan kemampuan teknis dalam mengelola bisnis, kedisiplinan dalam mengeksekusi rencana bisnis, serta kemampuan dalam menganalisa strategi dan peluang pengembangan bisnis.

Dalam pelaksanaan pembekalan tersebut, lanjut Kartika, Bank Mandiri bersinergi dengan perusahaan anak, Mandiri Capital Indonesia, konsultan pengembangan startup digital Indigo Telkom Indonesia, dan konsultan pengembangan bisnis ActionCoach. Pada akhir masa inkubator, lanjut Kartika, seluruh peserta akan diwajibkan mempresentasikan rencana pengembangan bisnis kepada calon investor (venture capital).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper