Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mei 2016, Kredit Bank Tumbuh 8% Secara Tahunan

Kredit yang disalurkan perbankan pada akhir Mei 2016 tumbuh lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya.

Bisnis.com, JAKARTA--Kredit yang disalurkan perbankan pada akhir Mei 2016 tumbuh lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya. Data uang beredar M2 Bank Indonesia melaporkan kredit perbankan pada bulan kelima tercatat senilai Rp4.099,2 triliun, atau tumbuh 8,0% year on year, lebih tinggi dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 7,7% (yoy).

"Hal ini sejalan dengan kecenderungan turunnya suku bunga kredit perbankan," tulis laporan yang dipublikasikan Kamis (30/6/2016). Peningkatan kredit perbankan terutama ditopang oleh pertumbuhan Kredit Modal Kerja (KMK).

Posisi KMK tercatat senilau Rp1.890,2 triliun pada Mei 2016 atau tumbuh 5,8% y-o-y, lebih tinggi dibandingkan bulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 4,8% y-o-y. Secara sektoral, peningkatan KMK terutama terjadi pada sektor industri pengolahan serta perdagangan, hotel, dan restoran (PHR).

Posisi kredit yang disalurkan perbankan kepada industri pengolahan tercatat senilai Rp506,7 triliun, tumbuh 4,6% y-o-y lebih tinggi dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 4,4% y-o-y. Adapun kredit kepada sektor perdagangan, hotel dan restoran (PHR) tercatat senilai Rp707,0 triliun, atau tumbuh 6,8% y-o-y , meningkat dibandingkan April 2016 sebesar 6,1% y-o-y.

Sementara itu, Kredit Investasi (KI) menunjukkan perlambatan dengan mencatatkan pertumbuhan sebesar 11,1% y-o-y , lebih rendah dibanding bulan sebelumnya yang tumbuh sebesar 12,2% y-o-y.

Perlambatan pertumbuhan KI tersebut terutama terjadi pada sektor industri pengolahan serta pertanian, peternakan, kehutanan dan perikanan yang masing–masing tumbuh dari 16,2% y-o-y dan 21,9% y-o-y pada April 2016 menjadi 13,7% y-o-y dan 21,3% y-o-y.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper