Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kredit Konsumer Bank CIMB Niaga Meningkat Jelang Lebaran Lalu

Kredit konsumer PT Bank CIMB Niaga Tbk. mengalami peningkatan menjelang hari raya Lebaran lalu.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Kredit konsumer PT Bank CIMB Niaga Tbk. mengalami peningkatan menjelang hari raya Lebaran lalu. Direktur Bank CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan kredit konsumer yang terlihat jelas mengalami peningkatan adalah kredit yang penarikannya menggunakan kartu.

“Transaksi kartu kredit naik seperti biasa menjelang lebaran. Naiknya lebih dari 10%,” ujarnya kepada Bisnis.com, Senin (18/7/2016).

Menurut Lani peningkatan transaksi kartu kredit tumbuh seiring dengan meningkatnya aktifitas belanja selama Ramadhan dan menyabut lebaran. Untuk kredit pemilikan rumah, lanjutnya, tidak terlihat adanya lonjakan, namun juga tidak menurun.

Sedangkan untuk kredit kendaraan bermotor, Lani menyebutkan adanya sedikit peningkatan, namun tidak terlalu signifikan. Lani berpendapat peningkatan tipis di segmen kendaraan bermotor pada tahun ini disebabkan masyarakat merasa harga mobil menjadi mahal sehubungan dengan nilai tukar rupiah terhada dolar Amerika yang relatif tinggi. “Beda dengan dulu waktu nilai tukar masih stabil. Waktu Ramadhan biasanya membuat penjualan mobil naik cukup tinggi .

Konsumen juga lebih menghitung dan mengutamakan kebutuhan yang lebih utama di sandang pangan,” jelas Lani.

Sebelumnya, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk. Jahja Setiaatmadja mengatakan menjelang lebaran permintaan kredit perseroan meningkat, namun belum terlampau tinggi. Salah satunya adalah kredit pemilikan rumah.

“Sudah ada peningkatan, di kredit modal kerja dan KPR. Namun, untuk kuartal II belum ada angka pastinya,” kata Jahja. Ke depannya, melalui relaksasi aturan loan to value yang mulai berlaku Agustus 2016, dia juga memproyeksi bisa membantu peningkatan pembiayaan perumahan yang cukup signifikan. Bahkan, Jahja menyatakan BCA menaikkan target penyaluran KPR setelah Bank Indonesia mengumumkan adanya pelonggaran LTV. “KPR ckup baik dengan LTV, kami naikkan target KPR Rp2 triliun dari target awal,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper