Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stephen M.R. Covey: Ini Pentingnya Memupuk Kepercayaan Pelaku Industri Keuangan

Stephen M.R. Covey coba memasyarakatkan kepada industri keuangan Tanah Air betapa pentingnya menumbuhkembangkan kepercayaan.
Stephen M.R. Covey/speaker.ca
Stephen M.R. Covey/speaker.ca

Bisnis.com, JAKARTA—Stephen M.R. Covey coba memasyarakatkan kepada industri keuangan Tanah Air betapa pentingnya menumbuhkembangkan kepercayaan.

Penulis buku The Speed of Trust ini meyakini bahwa rasa percaya sebagai sesuatu yang bisa kita kendalikan.

Hal itu dikemukakan Covey langsung kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di Jakarta pada 22 Juli 2016. Sosok yang juga menulis The 7 Habits of Highly Effective People ini menyampaikan kepada OJK soal perlunya menjaga rasa percaya antarpelaku industri keuangan.

Bagi Covey, kepercayaan bukan sekadar kualitas perasaan halus yang ilusif. Kepercayaan tak lain adalah aset yang pragmagtis, nyata, dan bisa dipraktikkan sehingga seseorang bisa berkarya lebih cepat daripada yang dikira sebelumnya.

“Kepercayaan bukan hanya penting bagi kebaikan pribadi dan antarpribadi,” demikian tulis Covey pada halaman-halaman awal bukunya. “Kepercayaan adalah kunci kompetensi kepemimpinan dalam dinamika ekonomi global”.

Sebetulnya, Covey hendak menekankan bahwa bagi Otoritas Jasa Keuangan, kepercayaan selayaknya tak hanya ditumbuhkembangkan dalam diri sendiri melainkan disebarluaskan ke sekeliling.

Senada, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad mengakui kepercayaan bukan hanya perlu ditumbuhkan dalam internal masing-masing lembaga keuangan. Trust harus bisa ditularkan antarinstitusi di industri ini.

“Kami ingin membangun kepercayaan dengan menerapkan semua pilar, yakni pengawasan, law enforcement, dan melakukan prinsip tata kelola yang baik,” ucapnya.

Guna menjaga kepercayaan maka sejumlah hal diterapkan OJK terus menerus, semisal melalui berbagai bentuk komunikasi rutin antarpemangku kepentingan. Jalinan komunikasi ini bermaksud untuk mendukung implementasi berbagai regulasi.

OJK berharap setiap lembaga di industri keuangan dapat mengambil bagian secara aktif. Otoritas juga mengklaim selalu berupaya melakukan penegakkan hukum tanpa pandang bulu. Pasalnya, bagi Muliaman, pelanggaran yang tidak ditindak lambat laun pasti menciderai kepercayaan itu sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dini Hariyanti
Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper