Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AGENDA HABITAT III: Wapres Ajak Investor Danai Perumahan

Wakil Presiden Jusuf Kalla membujuk para investor yang selama ini berinvestasi di negara dengan bunga kredit negatif untuk memindahkan dananya dalam membantu agenda Habitat III.
Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla. /Bisnis.com
Wakil Presiden RI M. Jusuf Kalla. /Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA - Wakil Presiden Jusuf Kalla membujuk para investor yang selama ini berinvestasi di negara dengan bunga kredit negatif untuk memindahkan dananya dalam membantu agenda Habitat III.

The United Nations Conference on Housing and Sustainable Urban Development (Habitat III) merupakan agenda internasional yang memfokuskan pada isu-isu pembangunan perkotaan dan permukiman yang berkelanjutan dan diadakan setiap 20 tahun sekali.

Dalam rangkaian acara menuju Habitat III, Indonesia menjadi salah satu tuan rumah The Third Session Of The Preparatory Committe For Habitat III (Prepcom) yang diselenggarakan pada 25 hingga 27 Juli di Surabaya.

Dalam sambutannya, Wapres menekankan bahwa program perencanaan tata kota dan perumahan membutuhkan biaya besar dan kerja sama jangka panjang untuk mengimplementasikan agenda itu.

Di sisi lain, dia menilai akan jauh lebih efisien bagi investor yang selama ini menanamkan modal di negara dengan bunga kredit negatif untuk ikut membantu berlangsungnya agenda ini.

"Memberikan dana itu, memberikan bantuan atau bunga kredit kepada negara yang membutuhkan, dengan membayar bunga yang pantas meski kecil, daripada bunga negatif di perbankan negara maju," katanya dalam pembukaan Prepcom Habitat III, Senin (25/7/2016).

JK mengatakan implementasi Habitat III bakal menggerakkan perekonomian dunia, mengingat pembangunan perumahan selama ini menjadi salah satu indikator menghitung kemajuan suatu negara.

"Kalau berkembang perumahan artinya memberikan impact yang besar kepada lebih dari seratus industri lainnya, Apakah itu industri besi,cat, kaca dan sebagainya," jelasnya.

Oleh karena itu, JK mengatakan Bank Perumahan Dunia sangat dibutuhkan untuk menunjang agenda ini selain adanya bank perumahan nasional di setiap negara.

"Karena tidak mungkin sistem habitat atau perumahan yang baik dibangun dengan jangka pendek, marilah tentu memberikan kita semuanya," jelasnya.

Adapun, pelaksanaan konferensi Habitat III akan diselenggarakan di Quito, Ekuador pada Oktober mendatang. Sebelumnya. Habitat II digelar pada 1996 di Turki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Irene Agustine
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper