Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Realisasi Investasi di Sumatra pada Triwulan I Capai Rp33 Triliun

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, pada kuartal I/2016 realisasi investasi di Sumatra tumbuh 57% (year-on-year) menjadi Rp33 triliun. Adapun pertumbuhan secara provinsi tertinggi di Sumatra Selatan (385%), Sumatra Barat (177%), dan Jambi (34%).
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani./JIBI-Dedi Gunawan
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani./JIBI-Dedi Gunawan

Bisnis.com, PALEMBANG - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat, pada kuartal I/2016 realisasi investasi di Sumatra tumbuh 57% (year-on-year) menjadi Rp33 triliun. Adapun pertumbuhan secara provinsi tertinggi di Sumatra Selatan (385%), Sumatra Barat (177%), dan Jambi (34%).

Tahun lalu, realisasi investasi di Sumatra mencapai Rp84 triliun, naik 19% dan melebihi pertumbuhan nasional sebesar 17,8%. Jumlah proyek investasi pun meningkat 113% menuju 2.823 proyek, dengan penyerapan tenaga kerja lokal bertambah 13%.

Kepala BKPM Franky Sibarani menuturkan, untuk mendorong perekonomian dan menciptakan lapangan kerja, pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah daerah di seluruh Sumatera agar dapat bersiap menerima investor. Menurutnya, paradigma pemberi izin harus berubah menjadi penyedia layanan investasi.

BKPM pun mencatat 120 investor akan menghadiri acara pemasaran investasi Regional Investment Forum (RIF) di Palembang, Sumatera Selatan, pada Selasa (26/7/2016).

Franky menyampaikan, acara RIF yang mengangkat tema Exploring Sumatra's Potentials for Quality Investments bertujuan mendorong investasi di wilayah Sumatera, khususnya Sumatera Selatan. Pulai ini memiliki potensi investasi yang cukup besar di sektor manufaktur dan pariwisata.

"Di Sumatera terdapat Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang sedang dikembangkan. Selain itu, investasi di sini juga didukung ketersediaan bahan mentah, sumber energi, tenaga kerja, pasar nasional dan ekspor, serta keunggulan lokasi yang dekat jalur pelayaran Selat Malaka," paparnya dalam siaran pers, Senin (25/7/2016).

Adapun kegiatan RIF menjadi acara rutin tahunan BKPM dan merupakan salah satu forum investasi terbesar di Tanah Air. Penyelenggaran acara selalu dilakukan di kota yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Hafiyyan
Editor : Setyardi Widodo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper