Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reshuffle Jilid II: OJK Berharap Pasar Semakin Percaya Diri

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad berharap pelaku pasar bisa semakin percaya diri dengan adanya perombakan kabinet jilid II.
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad. /Bisnis.com
Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D. Hadad. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Muliaman D. Hadad berharap pelaku pasar bisa semakin percaya diri dengan adanya perombakan kabinet jilid II.
 
Menurutnya, penaikan indeks harga saham gabungan paada Sesi I menunjukkan bahwa pasar merespon positif perombakan kabinet yang dilakukan.
 
“Saya kira ini [perombakan kabinet] sinyal positif ya, dan mudahan-mudahan bisa terus membangun confidence lebih lanjut,” katanya di Kompleks Istana Negara, Rabu (27/7/2016).
 
Indeks harga saham gabungan dibuka naik 0,40% atau 21,01 poin ke level 5.245,40 pada perdagangan Rabu (27/7/2016).
 
Tim Riset Sinarmas Sekuritas menilai isu mengenai Reshuffle kabinet menjadi salah satu sentimen positif ke pasar. Terutama beberapa tokoh dirumor tersebut  termasuk Sri Mulyani dapat berpotensi mendorong sentimen pasar," paparnya dalam riset.
 
Sebelumnya,  IHSG ditutup menguat 0,07% atau 3,59 poin ke level 5.224,39 setelah bergerak pada kisaran 5.200,62 – 5.241,50. Dari 534 saham yang diperdagangkan, 140 saham menguat, 169 saham melemah, dan 225 saham stagnan.
 
Empat dari sembilan indeks sektoral pada IHSG menguat, didorong oleh sektor infrastruktur yang naik 1,23% dan sektor konsumer yang menguat 0,34%. Sementara itu, lima sektor lainnya melemah, didorong oleh sektor tambang yang turun 1,12% dan sektor perdagangan yang melemah 0,42%.
 
Dalam pengumuman itu, Presiden mengumumkan ada empat menteri lama yang digeser, yakni Luhut Panjaitan menjadi Menko Kemaritiman, Bambang Brodjonegoro sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Sofyan Djalil sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional dan Thomas Lembong sebagai Kepala BKPM.
 
Adapun penyegaran atau orang baru dalam kabinet kerja adalah Wiranto sebagai Menkopolhukam, Sri Mulyani sebagai Menteri Keuangan, Eko Putro Sanjoyo sebagai Menteri Desa dan PDT, Budi Karya Sumadi sebagai Menteri Perhubungan, Muhajir Effendi sebagai Menteri Pendidikan, Enggartiasto Lukito sebagai Menteri Perdagangan, Airlangga Hartarto sebagai Menteri Perindustrian, Archandra Tahar sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dan Asman Abnur sebagai Menteri PAN-RB.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper