Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI: Pertumbuhan Ekonomi 2016 Bisa Di Atas 5%

Bank Indonesia meyakini pencapaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2016 akan mendorong pertumbuhan ekonomi dalam setahun ini di atas 5%.
Ilustrasi./.Bisnis-Nurul Hidayat
Ilustrasi./.Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, Jakarta--Bank Indonesia meyakini pencapaian pertumbuhan ekonomi pada kuartal II/2016 akan mendorong PDB dalam setahun ini di atas 5%.

Gubernur BI Agus D.W Martowardojo menyambut baik raihan produk domestik bruto (PDB) kuartal II/2016 sebesar 5,18% atau di atas prediksi bank sentral yang memproyeksikan sebesar 4,94%. Menurutnya, ada perbedaan hasil perhitungan dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan BI yang mana ekspor yang diperkirakan bank sentral masih tertekan ternyata telah menunjukkan perbaikan. 

"Kelihatannya dari konsumsi pemerintah maupun konsumsi rumah tangga, kita tidak lihat ada perbedaan dari apa yang kita hitung. Yang kita lihat ada perbedaan adalah di ekspor," ucapnya, di Kompleks Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (5/8/2016).

Dia menyatakan perbaikan di ekspor terkonfirmasi oleh beberapa komoditas yang menunjukkan harga yang lebih baik dan tidak sedalam sebelumnya. Dia berharap kondisi tersebut dapat membuat perekonomian di semester kedua meningkat sehingga dapat mencapai pertumbuhan di atas 5%.

"Ini kondisi yang baik, kita harapkan di semester kedua bisa lebih baik. Dari kondisi 5,18% ini, kita akan bayangkan bahwa pertumbuhan ekonomi di 2016 akan berada di atas 5%," katanya.

BPS telah mengumumkan pertumbuhan ekonomi sepanjang kuartal II/2016 mencapai 5,18%. Total PDB kuartal II/2016 sebesar Rp2.353,2 triliun (atas dasar harga berlaku/ADHB).

Realisasi tersebut merupakan tertinggi di periode yang sama dalam dua tahun terakhir dengan rincian 4,66% (2015) dan 4,96% (2014).  Sedangkan pertumbuhan ekonomi kuartal II/2013 sebesar 5,59%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper