Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dua Bank Ini Raih Peringkat Merek Paling Bernilai di Indonesia

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tahun ini kembali memuncaki peringkat Brandz 50 Most Valuable Indonesian Brands sebagai merek paling bernilai di Tanah Air. Peringkat ini diumumkan oleh agensi riset global WPP dan Millward Brown.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) tahun ini kembali memuncaki peringkat Brandz 50 Most Valuable Indonesian Brands sebagai merek paling bernilai di Tanah Air.

Peringkat ini diumumkan oleh agensi riset global WPP dan Millward Brown.

Kedua bank dinilai memiliki kesamaan yakni mengutamakan kebutuhan konsumen lokal. Komitmen ini kemudian menjadi pendorong terlindunginya merek bank pada tahun yang sulit bagi dunia perbankan global.

Ranjana Singh, Chairwoman WPP Indonesia dan Vietnam mengatakan berinvestasi untuk mengembangkan branding sangat penting saat ini.

"Di tengah ketidakpastian, konsumen akan mencari merek yang terpercaya,"ujarnya di Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Merek-merek Indonesia pada ranking Top 50 secara meningkat sebesar 2% ke angka 66.17 Dolar AS (est Rp867,5 triliun). Peningkatan ini hampir setara dengan peningkatan Brandz Global Top 100 untuk merek-merek global paling bernilai, sebesar 3% di tahun lalu.

Padahal menurut data Dana Moneter Internasional (IMF), pertumbuhan PDB Indonesia menurun selama tahun 2015 sementara inflasi terus meningkat.

Meski begitu, merek-merek terkuat di Indonesia masih bisa menumbuhkan nilai mereka dengan cara meningkatkan keterhubungan mereka dengan konsumen. Sehingga kenaikan nilai merek-merek Indonesia menjadi salah satu kinerja terbaik yang muncul di pasar.

Industri perbankan tetap mendominasi Top 50 merek-merek Indonesia paling bernilai, dengan 8 merek berkontribusi sebesar 37% atau setara Rp318,6 triliun dari nilai keseluruhan.

Perbankan bahkan melebihi kategori lainnya, dengan 3 (tiga) merek bank berada dalam 5 (lima) ranking teratas. BCA dan BRI mampu meminimalisasi dampak dari tantangan sektor keuangan dengan berusaha menjadi mitra konsumen dalam kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Abdul Rahman
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper