Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EDUKASI DUIT: 3 Blunder dalam Mencari Rejeki

Ada beberapa kesalahan besar (blunder) yang sering kita lakukan dalam mencari rejeki. Begitu banyak kita berdoa kepada Tuhan untuk minta rejeki, tetapi kita kok masih kekurangan. Mengapa?
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis
Goenardjoadi Goenawan. / Bisnis

Menurut saya, ada beberapa kesalahan besar (blunder) yang sering kita lakukan dalam mencari rejeki.

Begitu banyak kita berdoa kepada Tuhan untuk minta rejeki, tetapi kita kok masih kekurangan. Mengapa? Menurut saya, blunder kita itu ada 3 hal yang terpenting yang tidak kita pahami.

1. Mungkin Tuhan bermaksud menyarankan kita untuk fokus berbuat untuk orang lain.  Ya.  Software operating system manusia adalah berbuat untuk orang lain.

Jadi, menurut saya, jangan berdoa minta rejeki. No. Tetapi berbuatlah untuk orang lain. Mengertilah orang lain.  Berbuatlah yang terbaik bagi orang lain. Untuk kepentingan orang lain. Pepatah bilang menguntungkan orang lain akan menguntungkan kita sendiri.

BACA JUGA: Berjualan di Lazada Kini Gratis

2. Rahasia hidup adalah menolong. Kalau dilanjutkan dari point nomor satu, rahasia hidup adalah pertolongan Anda kepada orang lain.  Jadi ada 3 syaratnya rezeki yaitu damai,  rahmat pengampunan Tuhan, dan berkat atau ijin. Tanpa kedamaian tidak ada berkah. Tanpa diampuni tanpa ditolong maka kita tidak menemukan berkah. Tanpa ijin pihak lain,  maka kita tidak menemukan berkah.

Bila Anda bimbang dan merasa galau apakah langkah Anda benar merupakan rezeki Anda atau tidak, gunakan test ada 3 syaratnya rezeki yaitu damai, rahmat pengampunan Tuhan, dan berkat atau ijin. Bila masuk dalam 3 parameter ini, saya kira itu berarti berkah Tuhan.

3. Relationship.  Tuhan memberitahu bahwa kekuatan Tuhan dimiliki dari ikatan relationship yang diikat kuat oleh dasar rahmat pengampunan Tuhan.

Bila kita hanya memiliki relationship berdasarkan opportunity, berdasarkan transaksional, berdasarkan benefit, maka hidup kita akan hancur belaka.

Kekuatan Tuhan dimiliki dari ikatan relationship diikat kuat oleh dasar rahmat pengampunan Tuhan.  Ikatan berkah ini menjadi sinar menerangi sedunia juga menarik inspirasi bagi orang lain untuk ikut merasakan berkah Tuhan. Ini disebut Hidup adalah pemekaran berkah.

Penulis
Goenardjoadi Goenawan
Konsultan dan motivator tentang paradigma baru tentang uang. Penulis 10 buku manajemen, termasuk "Rahasia Kaya, Jangan Cintai Uang", "Hidup Merupakan Pembesaran Berkah" yang baru terbit. Email: goenardjoadi @ gmail.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper