Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OJK: Kredit Macet Bank Perkreditan Rakyat di Jateng Meningkat

Kredit macet atau nonperforming loan (NPL) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Jawa Tengah dinyatakan meningkat.
Layanan di sebuah BPR/Ilustrasi-Antara
Layanan di sebuah BPR/Ilustrasi-Antara

Bisnis.com, SEMARANG - Kredit macet atau nonperforming loan (NPL) Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Jawa Tengah dinyatakan meningkat.

"Jika pada semester I tahun lalu NPL sebesar 6,58% saat ini meningkat menjadi 6,85% pada periode yang sama," kata Kepala OJK Kantor Regional III Jawa Tengah-DIY Panca Hadi Suryatno di Semarang, Jumat (26/8/2016).

Dengan peningkatan tersebut pihaknya kembali mengingatkan kepada BPR untuk segera menurunkan NPL, paling tidak bisa di bawah 5%. "Bagi kami yang bertindak sebagai otoritas pengawasan, mengawalnya harus semakin ketat. Perlu ada perhatian di sini," katanya.

Dia mengatakan NPL BPR secara nasional sebesar 6,53%. Artinya, NPL BPR di Jawa Tengah lebih tinggi dibandingkan dengan nasional. "Sebetulnya tidak banyak BPR yang mengalami kesulitan tetapi mau tidak mau semua BPR harus ikut berperan dalam penurunan NPL," katanya.

Sementara itu, akibat kreditnya bermasalah sebagian BPR terpaksa mengurangi ekspansi kredit. Dikatakan, kredit yang sudah disalurkan permasalahannya semakin besar. "Di satu sisi pembaginya tidak bertambah tetapi yang dibagi semakin besar. Ini yang perlu diperhatikan, jadi ada penurunan kualitas NPL sebesar 0,27%," katanya.

Meski tidak menyampaikan secara rinci, dia mengakui NPL lebih banyak berasal dari kredit produktif dibandingkan konsumtif. Menurut dia, kredit konsumtif cenderung lebih aman karena menerapkan sistem potong gaji.

"Biasanya kredit konsumtif ini untuk PNS atau karyawan yang memang penghasilannya tetap, berbeda dengan produktif yang penghasilannya tidak tetap," katanya.

Meski demikian, pihaknya terus mendorong BPR untuk tetap menyalurkan kredit produktif ke skala mikro. "Kami menilai efeknya akan besar. Selama ada usahanya, kalau usaha semakin berkembang otomatis penghasilan si debitur akan semakin meningkat. Dampaknya akan kelihatan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper