Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dirjen Pajak: Artis Jago Acting, Bisa Saja Mereka Pura-pura Punya NPWP

Di tengah ramainya tagar soal perpajakan #stopbayarpajak, khususnya menyangkut amnesti pajak di media sosial, sejumlah kalangan selebriti tanah air diduga belum memiliki nomor pokok wajib pajak atau NPWP.
Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi. /Bisnis.com
Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi. /Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Di tengah ramainya tagar soal perpajakan #stopbayarpajak, khususnya menyangkut amnesti pajak di media sosial, sejumlah kalangan selebriti tanah air diduga belum memiliki nomor pokok wajib pajak atau NPWP.

Dirjen Pajak Ken Dwidjugiasteadi kemarin mengungkapkan pihaknya mensinyalir hal ini terjadi lantaran banyak artis belum mengetahui mekanisme perpajakan. Menurutnya, melalui sosialisasi tersebut, diharapkan banyak public figure antusias membuat NPWP, membayar pajak dan mengikuti tax amnesty.

"Memang mereka belum tahu saja. Kalau soal NPWP kan mereka belum tahu. Tapi kalau soal acting mereka tahu. Acting pura-pura sudah punya NPWP juga bisa saja kan. Ya namanya acting," katanya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (29/8/2016).

Menurut Ken, artis yang selama kini tidak membayar pajak, juga karena mereka belum teredukasi soal membayar pajak dengan baik dan benar serta tidak ada sosialisasi dari pemerintah sebelumnya.

Lantas, bagaimana komentar para selebriti yang ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan pada Selasa (30/8/2016) usai santap siang bersama Presiden Joko Widodo?

Roy Marten
Wah kalau saya sendiri sudah punya [NPWP]. Memang Ditjen Pajak ini selalu terlambat. Jadi sewaktu terkenal, banyak duit itu enggak dipajakin. Nanti kalau sudah pensiun baru dipajakin. Selalu terlambat. Harusnya cepat, yang top top sekarang didatangi. Harus jemput bola, jangan kalau sudah pensiun, enggak ada penghasilan, sudah tua baru dipajakin.

Desta
Ya kalau saya sih ya tidak mengerti, tapi saya menjalankan apa yang diharuskan. Bayar pajak, punya NPWP.
Oh iya lah. Selalu [melaporkan harta kekayaan dengan benar]. Kita sebagai warga negara yang baik harus taat bayar pajak. Kita enggak tahu kemana arahnya pajak itu, tapi yang jelas ya bayar pajak.

Ernest Prakasa
Oh udah lama banget kalau saya sih [punya NPWP]. Kalau saya soal pajak enggak berani aneh-aneh. Selalu taat dan menjadi warga negara yang baik sajalah. Dari pada nanti jadi masalah.
Selalu melaporkan semuanya. NPWP juga sudah lama banget punya.

Gading Marten
Saya pribadi punya [NPWP]. Karena memang itu suatu kewajiban untuk penduduk ya. Untuk ngurus apapun ya butuh itu. Kalau masing-masing pribadi sih enggak tahu ya. Tapi kan beberapa teman ada yang di dunia seni kadang punya bisnis atau nyicil mobil kan butuh NPWP. Iya dong, harus melaporkan harta kekayaan dengan baik dan benar.

Hanung Bramantyo
Saya punya. Ya warga negara yang baik saya. Kan sebagai sebagai warga negara yang baik kita itu sudah menginjakkan kaki di negeri ini , kita mengambil banyak di sini minum di sini, makan di sini, ya ngasihlah, ngasih pajak negara ini. Ini kan wujud kecintaan kita kepada republik ini. Bahwa persoalan pajak itu dikorup sama pejabat ya itu biar pejabatnya aja yang dosa, saya tidak perlu sebagai warga negara tidak perlu kemudian men-cincai pajak, kan tidak perlu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper