Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dorong Kredit Konsumer, CIMB Niaga Andalkan 3 Bisnis

PT Bank CIMB Niaga Tbk. mengandalkan tiga bisnisnya dalam mendorong penyaluran kredit konsumer tahun depan.

Bisnis.com,JAKARTA—PT Bank CIMB Niaga Tbk. mengandalkan tiga bisnisnya dalam mendorong penyaluran kredit konsumer tahun depan.

Direktur Konsumer CIMB Niaga Lani Darmawan mengatakan tahun depan perseroan mengandalkan tiga bisnis dalam kredit konsumernya, yaitu kartu kredit, kredit tanpa agunan (KTA), dan kredit pemilikan rumah (KPR). Ketiga bisnis tersebut diyakini bakal terus bertumbuh positif.

“Pertumbuhan tahun depan akan berasal dari kartu kredit, KTA, dan KPR,” ujarnya kepada Bisnis.com, Selasa (20/9/2016).

Lebih lanjut Lani mengatakan, pihaknya meyakini KPR bakal lebih baik tahun depan dengan adanya kebijakan yang lebih longgar terkait loan to value (LTV) dari Bank Indonesia. Seperti diketahui, Kebijakan relaksasi LTV tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia No. 18/16/PBI/2016 tentang Rasio LTV untuk Kredit Properti, Rasio Financing to Value untuk Pembiayaan Properti, dan Uang Muka untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor.

PBI tersebut dinyatakan resmi berlaku mulai 29 Agustus 2016. Di dalamnya ditetapkan LTV rumah tapak pertama menjadi 85%, rumah kedua 80%, sedangkan yang ketiga dan seterusnya 75%. Besaran yang sama berlaku untuk rumah susun.

“Kebijakan aturan yang lebih longgar, tax amnesty, dan juga kami harapkan market membaik dengan stabilnya mata uang,” kata Lani.

Sementara itu, lanjutnya, bisnis kartu kredit perseroan masih mencatatkan kinerja yang baik. Saat ini, pertumbuhan kartu kredit perseroan masih tumbuh di atas 20% secara tahunan. Dengan demikian, bisnis ini akan terus menjadi andalan perseroan.

Di sisi lain, Lani mengatakan pihaknya melakukan konsolidasi untuk bisnis kredit kendaraan bermotor (KKB). “Kami konsolidasi bisnis auto roda empat untuk mengubah fokus segmen ke cross selling nasabah bank,” ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ihda Fadila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper