Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sri Mulyani: Masyarakat Nikmati Penguatan Rupiah

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai masyarakat secara keseluruhan menikmati keuntungan dari penguatan rupiah meskipun dari sisi anggaran terdapat implikasinya.
Karyawan menata uang rupiah di cash center sebuah bank./JIBI-Abdullah Azzam
Karyawan menata uang rupiah di cash center sebuah bank./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai masyarakat secara keseluruhan menikmati keuntungan dari penguatan rupiah meskipun dari sisi anggaran terdapat implikasinya.

Dari sisi APBN, dia menilai pergerakan rupiah sampai akhir tahun akan memengaruhi penghitungan pemerintah dari penerimaan rupiah terutama dari ekspor dan perdagangan komoditas yang perlu diwaspadai.

Namun, hal yang positif dari kondisi tersebut yaitu inflasi lebih stabil karena imported inflation, inflasi yang disebabkan adanya perubahan harga di luar negeri dan atas perubahan nilai tukar, menjadi sangat rendah.

"Kita mengelola APBN yang setiap hari harus mengelola dengan dinamika itu. Tapi arah yang positif ini atau kita sebutkan adanya konfirmasi dari reaksi masyarakat dari jumlah modal yang masuk, persepsi, dan kepercayaan," katanya saat ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (27/9/2016).

Dia menuturkan situasi dari perekonomian di Amerika Serikat yang mana sejumlah indikator ekonomi tidak kuat memberi ruang keuntungan bagi peningkatan kepercayaan terhadap kondisi ekonomi di Indonesia. Hal itu terlihat dari derasnya aliran modal yang masuk ke dalam negeri ditambah dengan berjalannya program Tax Amnesty.

Bank Indonesia melaporkan dana asing yang masuk ke Indonesia hingga pertengahan bulan ini mencapai Rp150 triliun atau lebih besar dari keseluruhan tahun lalu sebesar Rp50 triliun.

Dia mengatakan aliran modal yang cukup kuat, persepsi positif terhadap perekonomian, dan kepercayaan masyarakat itu menjadi suntikan bagi pemerintah untuk terus memberikan kebijakan yang pruden sehingga memberikan dampak positif ke pelaku usaha dan masyarakat luas.

"Ini memberikan dampak positif dari sisi pelaku usaha, masyarakat luas yang mendapatkan keuntungan dari kekuatan ini. Market ini juga menimbulkan dampak positif terhadap indikator-indikator ekonomi yang harus juga dikelola dengan hati-hati," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Veronika Yasinta
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper