Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Hotel, Rumah Sakit BUMN Bakal Disinergikan

Setelah melakukan sinergi hotel yang dimiliki oleh BUMN, Kementerian BUMN berencana melakukan sinergi rumah sakit yang dimiliki oleh BUMN pada akhir 2016.
RSCM/Ilustrasi
RSCM/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--- Setelah melakukan sinergi hotel yang dimiliki oleh BUMN, Kementerian BUMN berencana melakukan sinergi rumah sakit yang dimiliki oleh BUMN pada akhir 2016.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan pihaknya sekarang tengah memfinalisasi sinergi rumah sakit BUMN tersebut. “Kita akan satukan sebelum akhir tahun” katanya, Rabu (28/9/2016).

Berdasarkan catatan Bisnis, jumlah RS yang bakal terlibat dalam sinergi rumah sakit BUMN itu sebanyak 79 yang tersebar di seluruh Indonesia. Satu BUMN bisa memiliki lebih dari satu RS.

Sejumlah BUMN yang memiliki RS sendiri adalah PT Timah (Persero) Tbk., PT Bukit Asam (Persero) Tbk., PT Pertamina (Persero), PT Pelni (Persero), PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) dan sebagainya.

Kementerian BUMN baru saja meluncurkan Hotel Indonesia Group, kerjasama antara tiga perusahaan yang terdiri dari PT Hotel Indonesia Natour (Persero), PT Aero Wisata dan PT Patra Jasa. Tiga perusahaan itu adalah perusahaan yang memiliki kegiatan usaha di bidang perhotelan.

Hotel Indonesia Natour berstatus sebagai BUMN, sedangkan Aero Wisata dan Patra Jasa berstatus sebagai anak usaha BUMN dimana Aero dimiliki oleh PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., dan Patra dimiliki oleh PT Pertamina (Persero).

Rini berharap hotel-hotel milik BUMN lainnya dapat segera bergabung dalam Hotel Indonesia Group. Dalam sinergi itu, hotel milik BUMN akan distandarisasi pelayanannya dan bekerjasama dalam hal bidang pemasaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Yodie Hardiyan
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper