Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ADB: Pertumbuhan Ekonomi Asia Bertumpu pada China & India

Asian Development Bank (ADB) memprediksi pertumbuhan ekonomi Asia akan terus tumbuh sesuai jalur meskipun tekanan secara eksternal belum mereda. Ketahanan ekonomi China dan India disebut mendasari kekuatan ekonomi Benua Kuning.
Bursa Asia/Ilustrasi
Bursa Asia/Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Asian Development Bank (ADB) memprediksi pertumbuhan ekonomi Asia akan terus bergerak sesuai jalur meskipun tekanan secara eksternal belum mereda. Ketahanan ekonomi China dan India disebut mendasari kekuatan ekonomi Benua Kuning.

Dalam laporan terbaru Asian Development Outlook (ADO) 2016 yang diperbarui pada September, pertumbuhan ekonomi Asia diperkirakan tumbuh 5,7% pada 2016 an 2017. Prediksi tersebut tak berubah dari perkiraan pada Maret. Sementara itu, negara-negara industri utama dunia seperti AS, Uni Eropa dan Jepang diprediksi akan tumbuh 1,4% pada tahun ini dan 1,8% pada 2017.

"Pertumbuhan yang kuat di China dan India membantu Asia menjaga momentum pertumbuhan. Namun, para pembuat kebijakan perlu untuk melihat risiko penurunan termasuk potensi pembalikan modal yang bisa dipicu oleh perubahan kebijakan moneter di negara maju, khususnya Amerika Serikat," kata Juzhong Zhuang, Wakil Kepala Ekonom. Selasa (27/9/2016).

Zhuang menyebutkan peluncuran stumulus fiskal dan moneter yang kuat dari China mampu menopang pemulihan ekonomi di negara tersebut. Alhasil ADB memprediksi pertumbuhan ekonomi Negeri Bambu akan mencapai 6,6% pada tahun ini dan 6,4% pada 2017. Prediksi tersebut naik 0,1% dari perkiraan Maret.

Prestasi China itu membantu mengimbangi kelesuan di negara lain di Asia Timur. Subregional ini sekarang diperkirakan hanya akan tumbuh 5,8% pada 2016, dan 5,6% pada tahun 2017. Sementara itu, Asia Selatan, akan didorong oleh perekonomian India.

Kawasan ini akan berhasil mencatatkan pertumbuhan ekonominya pada ingkat 6,9% pada 2016, dan 7,3% pada tahun berikutnya, atau tidak berubah dari perkiraan Maret. Sedangkan proyeksi pertumbuhan India untuk tahun fiskal 2016 akan mencapai 7,4%, karena didukung oleh konsumsi swasta yang kuat.

Reformasi perpajakan India diperkirakan akan membantu menghidupkan kembali investasi dan mendorong pertumbuhan 7,8% pada 2017.

Untuk Asia Tenggara pertumbuhan ekonomi kawasan ini akan bergerak hingga 4,5% pada 2016. Kebijakan pemerintah negara-negara di kawasan ini untuk memacu investasi infrastruktur, terbukti membuat perekonomian kawasan ini relatif kuat. Kinerja yang kuat dari Filipina dan Thailand menjadi pendorong utama kawasan ini.

Pada 2017, subregional ini diharapkan untuk mendapatkan keuntungan dari kenaikan permintaan dari negara maju dan harga yang lebih tinggi untuk komoditas ekspor, sehingga mampu menjaga pertumbuhan ekonomi tetap pada level 4,5%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper