Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Taspen Ingin Layanan Klaim Otomatis Terealisasi Penuh Akhir 2017

Penerapan layanan klaim otomatis jaminan pensiunan ditargetkan mampu direalisasikan secara penuh pada akhir 2017 untuk wilayah pelayanan Taspen Cabang Utama Makassar.
Gedung PT Taspen (Persero)/Istimewa
Gedung PT Taspen (Persero)/Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Penerapan layanan klaim otomatis jaminan pensiunan ditargetkan mampu direalisasikan secara penuh pada akhir 2017 untuk wilayah pelayanan Taspen Cabang Utama Makassar.

Sejauh ini, layanan klaim atau tunjangan pensiun otomatis (LKO) Taspen Makassar telah mencapai 90,69% seiring dengan partisipasi sebagian besar pemerintah daerah di wilayah cakupan yang ikut mendorong penerapan layanan tersebut.

Kepala Taspen KCU Makassar, Sidik Adi Pramono mengemukakan pelaksanaan LKO yang belum optimal itu masih terbentur kecenderungan ASN yang segera memasuki masa purnabakti melakukan pengajuan klaim secara konvensional atau datang langsung ke kantor pelayanan perseroan.

"Masih banyak calon pensiun yang lebih memilih datang sendiri ke Taspen, padahal orientasi LKO untuk memudahkan mereka mengajukan klim lebih cepat dan efesien. Kami juga masih intensif lakukan sosialisasi layanan ini ke kabupaten/kota," katanya kepada Bisnis, Senin (17/10/2016).

Menurutnya, sebagian besar ASN yang memanfaatkan layanan ini terkonsentrasi pada ibu kota kabupaten/kota cakupan KCU Makassar sedangkan yang berada relatif jauh dari pusat administrasi lebih memilih melakukan pengajuan klim (tunjangan pensiun) secara langsung ke Kantor Taspen lantaran masih minim informasi.

Selain menerapkan LKO, Taspen juga teah menyederhanakan persyaratan dokumen ASN dalam mengajukan klaim gaji pensiunan, yang saat ini hanya membutuhkan empat dokumen utama.

Adapun dokumen tersebut yakni Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), KTP, pas foto, dan buku rekening. Adapun untuk kelengkapan data lainnya yang terkait dengan calon pensiun telah PT Taspen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper