Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BNI Gandeng e-Warung KUBE Jadi Agen Laku Pandai

BNI menggandeng e-Warung Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera menjadi agen Laku Pandai.
BNI/Ilustrasi
BNI/Ilustrasi

Bisnis.com, BATU - BNI menggandeng e-Warung Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera menjadi agen Laku Pandai.

Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati mengatakan nantinya e-Warung tidak hanya melayani penjualan bahan kebutuhan untuk penerima bantuan tunai dan subsidi, namun juga melayani jasa perbankan.

“Dengan begitu, e-Warung tidak bisa memperoleh tambahan pendapatan sebagai agen bank,” katanya ujarnya di sela-sela Peluncuran Layanan e-Warung-Kelompok Usaha Bersama (KUBE)-Program Keluarga Harapan (PKH) Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera, Penyaluran Banmtuan Sosial dan Subsidi, serta Bantuan Kompensasi eks-Timtim di luar Provinsi NTT di Batu, Jumat (21/10/2016).

Kartu Keluarga Sejahtera yang diterbitkan BNI, katanya, tidak hanya berfungsi untuk menerima transferan bantuan nontunai dari pemerintah, membelanjakan, dan mengambil uang, tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk menabung. Artinya, setiap pemilik kartu menyetor uang untuk ditabung, maka uang yang ada di kartu itu juga akan bertambah.

Kartu Keluarga Sejahtera nantinya tidak hanya dipergunakan untuk menampung tranferan dari Kementerian Sosial, namun juga kementerian lainnya dan pemda untuk keperluan subsidi pupuk, APBD, LPG. Dengan adanya kartu tersebut, maka penyerapan dana untuk bantuan keluarga pra sejahtera bisa diketahui dengan valid. 

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Andi ZA Dulung menambahkan semua bantuan sosial nantinya akan berbentuk nontunai. Dengan begitu, maka akan mempercepat program dari negara menuju masyarakat financial inclusion.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menegaskan dengan banyaknya kegunaan Kartu Keluarga Sejahtera maka tidak salah jika disebut kartu tersebut sebagai “kartu sakti.”

Yang jelas, dengan bantuan nontunai maka akan meningkatkan good governance dalam penyalurannya. Penerima dana bisa jelas, tepat orang, begitu juga besarannya, dan tepat waktu.

Dengan adanya e-Warung, maka warga dapat memenuhi kebutuhannya. Termasuk jika harus meminjam karena menunggu transfer dana dari pemerintah.

Menurut dia, jika kegiatan e-Warung berkembang usahanya, maka otomatis yang menikmati masyarakat sendiri sebagai anggota Koperasi Masyarakat Indonesia Sejahtera sebagai badan hukumnya. Dalam kartu tersebut juga sudah diatur aplikasi mengenai pembagian SHU jika kegiatan usaha koperasi tersebut menghasilkan untung.

Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kementerian Sosial Andi ZA Dulung menambahkan e-Warung di Desa Sumberbrantas, Kec. Bumiaji, Kota Batu merupakan e-Warung ke-74 yang diluncurkan dari 27 kota. Adapun untuk e-Warung yang menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera dari BNI, kata Adi, merupakan e-Warung ke-27 dari 19 kota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Choirul Anam

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper