Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sasar Reformasi Regulasi, 7 Paket Ekonomi Siap Meluncur Hingga Akhir 2016

Pemerintah bakal melansir sedikitnya 7 paket kebijakan ekonomi dalam sisa tahun ini hingga tahun depan yang menyasar pada reformasi regulasi secara sektoral.
Darmin Nasution/Reuters-Enny Nuraheni
Darmin Nasution/Reuters-Enny Nuraheni

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah bakal melansir sedikitnya tujuh paket kebijakan ekonomi dalam pada sisa tahun ini hingga tahun depan yang menyasar pada reformasi regulasi secara sektoral. Paket Kebijakan Ekonomi Tahap II akan meneruskan tahap sebelumnya yang telah menelurkan 13 paket kebijakan.

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menyatakan salah satu sasaran utama peluncuran paket-paket tersebut adalah untuk menjadi pelumas sehingga perekonomian berjalan lebih efisien dan lebih cepat, seperti 13 paket yang telah dilansir.

Paket kebijakan tahap dua tersebut akan mengangkat tujuh usulan prioritas, seperti pendidikan dan pelatihan vokasi, logistik, pertanahan atau reforma agraria dan energi. Berikutnya adalah isu sektoral, yaitu manufaktur, pariwisata, perikanan dan jasa-jasa.

Darmin menuturkan, persoalan pangan juga akan mendapat tempat yang kemudian dilanjutkan dengan paket kebijakan invensi, inovasi dan ekonomi kreatif.

“Pertama, kemungkinan masalah pendidikan dan pelatihan vokasional. Kita sudah sering bertahun-tahun bicara link and match tapi nggak pernah match, gak pernah ngelink. Kita harus mengubah dari dasarnya itu sendiri apa itu SMK, D1, D2 dan seterusnya,” katanya dalam diskusi 2 Tahun Kerja Nyata Jokowi-JK di Kantor Staf Presiden, Selasa (25/10/2016).

Dia menambahkan paket itu akan mengubah kurikulum sekolah kejuruan atau vokasional sehingga memastikan sekitar 60%-70% waktu siswa akan dialokasikan untuk praktek dan magang. Sehingga, pada tahun pertama siswa bersekolah dia telah memiliki keahlian.

Berdasarkan catatan Kementerian Koordinator Perekonomian, total regulasi pokok yang dideregulasi mencapai 202 regulasi dari target 204 regulasi. Adapun, aturan turunan yang dideregulasi sebanyak 26 regulasi.

Sebelumnya, Darmin mengatakan Paket Kebijakan Ekonomi jilid XIV yang rencananya akan memungkasi tahap pertama akan menyasar sektor ekonomi digital.

Sedianya, pengumuman paket ini dilakukan hari ini namun dibatalkan karena Presiden Joko Widodo menghadiri acara penghormatan terakhir Raja Thailand yang mangkat pekan lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Arys Aditya
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper